Real Madrid terancam kuota pemain lokal

Senin, 05 April 2021 | 18:40 WIB Sumber: AS
Real Madrid terancam kuota pemain lokal

KONTAN.CO.ID - MADRID. Raksasa Spanyol, Real Madrid kini menemui permasalahan jumlah pemain domestik Spanyol. Pasalnya, pemain seperti Sergio Ramos, Lucas Vázquez, Isco dan Mariano akan hengkang di akhir musim.

Kini Real Madrid hanya memiliki 4 pemain Spanyol yang berada di skuad Los Blancos. Dani Carvajal, Marco Asensio, Nacho dan Odriozola. Bahkan skuad Luis Enrique untuk Spanyol melawan Georgia tidak menampilkan satu pemain Real Madrid untuk pertama kalinya dalam kurun 5 tahun terakhir.

Mengutp dari ASpermasalahan Los Blancos akan berkaitan dengan arahan untuk menutupi kuota dengan memiliki minimal 8 pemain dari negara klub (Spanyol).

Sejak perekrutan Brahim Díaz dari Málaga pada Januari 2019, Madrid telah merekrut 8 pemain lagi, yang semuanya adalah pemain asing. Hazard, Jovic, Mendy, Militao, Rodrygo, Reinier, Take Kubo dan Areola dengan total bayaran € 330 juta atau Rp 5,6 triliun.

Baca Juga: Petinggi Real Madrid siapkan dua calon kuat pengganti Zinedine Zidane

Real Madrid hadapi masalah kekurangan pemain Spanyol, begini penjelasannya

Real Madrid kini memiliki tiga pemain Spanyol yang saat ini bermain di luar negeri. Dani Ceballos di Arsenal, Brahim di Milan dan Borja Mayoral bersama AS Roma. Mayoral dipinjamkan ke tim Serie A selama dua musim dan karena itu hampir setengah jalan melalui kesepakatan peminjamannya.

Sedangkan dua pemain lagi bisa diambil kembali oleh Los Blancos. pada akhir musim.

Baca Juga: Ada potensi bebas transfer, PSG akan lego Kylian Mbappe lebih murah

Kuota pemain domestik di Liga Champions

Mulai 2008/09, klub-klub di Liga Champions dan Liga Europa diharuskan memiliki minimal 8 pemain lokal dalam skuad yang dibatasi hingga 25.

Pemain yang telah bermain terus menerus selama tiga tahun antara usia 15 dan 21 termasuk dalam daftar ini. Hal ini mengindikasikan bahwa Real Madrid juga bisa mengandalkan tiga pemain lain di skuad.

Baca Juga: Opsi tukar tambah Kylian Mbappe - Vinicius Junior jadi solusi untuk Real Madrid

Real Madrid hadapi masalah kekurangan pemain Spanyol, begini penjelasannya

Nama pemain tersebut yakni Varane (Prancis), Valverde (Uruguay) dan Vinicius (Brasil). Meski lahir di luar Spanyol, ketiga pemain semua memulai karier di Real Madrid pada usia 18 tahun. Martin Odegaard tidak lolos kriteria karen bermain dengan status pinjaman di Belanda saat masih menjadi pemain Los Blancos.

Meski tidak wajib untuk menutupi 8 nama pemain, untuk setiap pemain lokal yang hilang, UEFA mengurangi satu dari total 25 nama skuad Liga Champions. Jika Real Madrid memilih untuk mempertahankan tujuh pemain lokal, UEFA akan menghukum Los Blancos dengan mengizinkan hanya 24 pemain dalam daftar.

Real Madrid juga memiliki opsi untuk bermain dengan mengambil pemain dari tim B, Real Madrid Castilla. Namun ini adalah skenario yang sangat tidak mungkin karena Zidane untuk bermain di Liga Champions.

Selanjutnya: Bursa Transfer: Setelah PSG, giliran Liverpool tertarik gaet Sergio Ramos

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru