Rekomendasi 6 Jenis Makanan untuk Burung Beo

Minggu, 03 April 2022 | 12:30 WIB Sumber: Best Friends Animal Socie
Rekomendasi 6 Jenis Makanan untuk Burung Beo

ILUSTRASI. Rekomendasi 6 Jenis Makanan untuk Burung Beo


HEWAN PELIHARAAN - Burung beo yang dipelihara perlu mendapatkan gizi seimbang dari makanannya. Karena merupakan omnivore, burung beo dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan serangga.

Selain mengetahui jenis-jenis makanan yang bisa dikonsumsi burung beo, Anda juga perlu mengetahui seberapa banyak menyajikannya untuk burung beo. Sebab, bagaimana pun burung beo perlu mendapat diet sehat seimbang yang tidak kekurangan nutrisi atau kelebihan nutrisi.

Baca Juga: Takut Beri Sayuran ke Kelinci? Ini Rekomendasi Sayuran Segar yang Aman Untuknya

Pelet Burung Beo

Dilansir dari Bestfriends, rekomendasi saat ini oleh dokter hewan ungags bersertifikat yang mempelajari nutrisi unggas adalah bahwa pelet harus menjadi 50-70% dari makanan utama burung beo. Pelet untuk burung beo telah diformulasikan mengandung nutrisi lengkap berisi vitamin dan mineral yang dibutuhkan burung.

Pelet biasanya merupakan makanan olahan yang dibuat dari campuran biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, gandum, dan apa pun yang dimakan burung liar. Pelet terbaik untuk makanan burung beo juga tidak boleh mengandung gula atau pewarna, karena bahan-bahan tersebut memiliki efek kumulatif dalam tubuh dan dapat menyebabkan penyakit dalam jangka panjang, bahkan memperpendek usia burung.  

Selain pelet, burung juga perlu mendapatkan makanan segar dari buah-buahan dan sayuran. Mereka juga membutuhkan air minum untuk menghidrasi tubuhnya. Anda juga diperbolehkan untuk memberi mereka beberapa cemilan, tetapi ini tidak boleh lebih dari 5% makanan utamanya.

Sayuran

Makanan segar pertama yang bisa dikonsumsi burung beo adalah sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang bisa dikonsumsi burung beo, tetapi tidak semuanya aman untuk diberikan secara berlebihan dan beberapa memiliki efek yang buruk untuk kesehatannya.

Sayuran yang aman dikonsumsi burung adalah sejenis sawi, kubis, bunga kol, timun, okra, kacang hijau, kacang polong, jagung, wortel, lobak, akar bit, dan ubi (dikupas dan sedikit dikukus). Anda juga dapat memberi burung berbagai jenis cabai dan paprika. Dilansir dari Parrot Fun House, burung bisa makan cabai pedas karena mereka kebal terhadap capsaicin dalam cabai. Mereka tidak bisa merasakan panasnya lada atau mencium baunya. Bijinya juga aman.

Hindari untuk memberi selada iceberg yang kurang bergizi untuknya karena kandungan airnya sangat tinggi. Selain itu, ada beberapa jenis sayuran yang harus diberikan secara terbatas. Ini adalah adas, seledri, bayam, kangkung, dan kentang.

Buah-buahan

Burung beo sangat menyukai buah-buahan. Di kehidupan liarnya pun mereka akan mencari buah untuk dimakan. Namun, Anda perlu memotongnya menjadi beberapa bagian kecil dan membuang bijinya. Beberapa biji buah-buahan mengandung racun yang dapat membahayakan burung jika mereka makan terlalu banyak.

Buah yang bisa dikonsumsi burung beo antara lain pisang, melon, stroberi, apel, delima, kiwi, mangga, papaya, nanas, persik, daging kelapa, dan ceri. Beberapa buah lain yang perlu diberikan terbatas adalah anggur, jeruk, tomat, dan ara. Selain itu, Anda tidak disarankan untuk memberi burung alpukat karena kandungan lemak yang tinggi.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Burung yang Dapat Dipelihara Berpasangan

Kacang-kacangan

Burung beo juga menyukai kacang. Kacang sarat dengan protein, tetapi juga tinggi lemak. Oleh karena itu Anda tidak bisa memberinya berlebihan. Namun, ini lebih tepat untuk burung beo Macaw yang memiliki kebutuhan lemak yang tinggi.

Anda dapat memberikan kacang sebagai cemilan yang menyenangkan. Anda dapat memberinya kacang almond, kenari, hazelnut, makadamia, dan sedikit kacang mete. Anda sebaiknya tidak memberi mereka kacang tanah. Sebab, kacang tanah sering terkontaminasi aflaktosin, racun jamur yang dapat menyebabkan kerusakan hati.

Serangga

Sebagai hewan karnivora, burung beo sangat mungkin memakan serangga. Dilansir dari All About Parrots, burung beo dapat memakan sebagian besar serangga pengumpan, seperti ulat tepung, larva lalat, cacing lilin, dan ulat. Selain itu juga aman memakan jangkrik, belalang, kumbang, dan kecoak pengumpan. Namun, jangan biarkan burung beo memakan serangga yang ditemukan di sekitar rumah.

Biji-bijian

Banyak orang mengira biji-bijian adalah yang terbaik untuk burung, tetapi pandangan ini keliru. Dilansir dari Anuts, biji-bijian mengandung lebih banyak lemak, sedikit atau tanpa kalsium, serta sedikit vitamin. Memberi makan semua biji dapat memengaruhi kesehatan burung peliharaan Anda, membuat bulu mereka kusam, dan kering. Jadi, perhatikan untuk tidak memberi biji berlebihan kepada burung beo.

Hindari untuk memberi burung beo biji dari buah-buahan karena beberapa di antaranya beracun. Anda dapat memberi biji-bijian seperti biji bunga matahari atau labu yang bagus untuk latihannya. Selain itu, Anda dapat memberi burung biji chia, rami, dan quinoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru