Rekomendasi Makanan Khas Salatiga yang Legendaris

Selasa, 04 Oktober 2022 | 19:09 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Rekomendasi Makanan Khas Salatiga yang Legendaris

ILUSTRASI. Sambel Tumpang Koyor


KONTAN.CO.ID - Salatiga adalah kota di Jawa Tengah yang terletak di antara Semarang dan Solo. Ada banyak makanan khas Salatiga yang bisa Anda coba saat singgah di daerah ini. 

Kota Salatiga dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Merbabu, Merapi, Ungaran, dan Telomoyo. Maka tidak heran kalau kota Salatiga memiliki udara sejuk dan dikelilingi pemandangan yang indah.

Nah, bagi Anda yang sedang atau berencana melancong kesana, tak ada salahnya mencicipi salah satu dari sekian banyak kuliner khas Salatiga. 

Lantas, apa saja makanan khas Salatiga?

Baca Juga: 5 Kota Tertua di Indonesia, Ada di Mana Saja?

Makanan khas Salatiga 

Berikut ini sederet rekomendasi makanan khas Salatiga sebagaimana dilansir dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga:

1. Getuk ketek

Ada hidangan manis yang menjadi makanan khas Salatiga, yaitu getuk kethek. 

Kuliner khas Salatiga ini dibuat dari singkong direbus hingga teksturnya empuk lalu diberi parutan kelapa di atasnya. Dengan tekstur dan rasa yang pulen, membuat siapapun akan kenyang saat menyantap gethuk kethek.

Baca Juga: 20 Sekolah Terbaik di Jateng Tahun 2022 Versi LTMPT, SMA Pradita Dirgantara Nomor 1

2. Bakso babat

Selanjutnya, makanan khas Salatiga adalah bakso babat. Keunikan dari bakso babat ini tidak lain karena campuran babatnya. 

Bakso ini dibuat dari bahan pilihan tanpa adanya bahan pengawet, pengenyal, apalagi pemutih. Bakso babat Salatiga hanya menggunakan bumbu, garam, merica dan bawang. Rasanya, tak perlu diragukan lagi.

3. Enting-enting gepuk

Enting-enting gepuk menjadi sejarah keberadaan orang Tionghoa di kota Salatiga. Hingga sekarang, makanan ringan ini masih diproduksi dan menjadi buah tangan andalan bagi para pendatang.

Makanan khas Salatiga yang bertekstur kering terbuat dari olahan kacang tanah dan gula memberikan perpaduan rasa manis, gurih, dan renyah kepada para penikmat enting-enting gepuk.

Baca Juga: Buat Warga Jakarta dan Sekitarnya: Bersiap, Siaran TV Analog Dimatikan 2 Hari Lagi

4. Sambel tumpang koyor

Sambel tumpang adalah makanan yang bisa ditemui dengan mudah di kawasan Solo Raya dan sebagian Jawa Timur. Namun, di Salatiga, juga ada juga makanan yang mirip dengan sambel tumpang tetapi sedikit berbeda, yakni sambel tumpang koyor. 

Perbedaan antara sambel tumpang dari daerah lainnya dengan sambel tumpang koyor adalah adanya urat dan kikil sapi dalam sambel tumpang koyor. 

Koyor adalah bagian urat sapi yang jika dimasak akan menyerap bumbu dengan baik. Namun, cara masak koyor butuh waktu lama agar empuk dan bumbu meresap sempurna.

Itulah sederet makanan khas Salatiga yang bisa jadi rekomendasi jika Anda kebetulan mampir di kota yang juga dijuluki kota dengan toleransi tertinggi di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru