Rekomendasi Wisata Kuliner di Aceh yang Enak dan Patut Dicoba, Apa Saja?

Senin, 01 Juli 2024 | 17:04 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Wisata Kuliner di Aceh yang Enak dan Patut Dicoba, Apa Saja?

ILUSTRASI. Simak rekomendasi beberapa wisata kuliner di Aceh yang enak dan patut untuk dicoba salah satunya mie aceh.


KULINER - Simak rekomendasi beberapa wisata kuliner di Aceh yang enak dan patut untuk dicoba. Tidak hanya kuliner, banyak juga destinasi wisata di Aceh yang tidak kalah menarik.

Aceh sendiri merupakan provinsi yang terletak di ujung barat Indonesia, terkenal tidak hanya karena keindahan alamnya tetapi juga karena kekayaan kulinernya.

Makanan atau kuliner khas Aceh menawarkan cita rasa unik yang dipengaruhi oleh berbagai budaya, termasuk Arab, India, dan Melayu. 

Baca Juga: Link Live Streaming Prancis vs Belgia di Babak 16 Euro 2024, Catat Prediksinya

Melansir dari laman Pemerintah Aceh, Kuah Pliek merupakan salah satu kuliner yang paling disukai oleh masyarakat Aceh, khususnya mereka yang berada di daerah Timur Aceh, khususnya di daerah Aceh Pidie dan sekitarnya.

Selain itu, berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner di Aceh yang enak dan wajib dicoba:

1. Mie Aceh

Mie Aceh adalah hidangan mie pedas dan salah satu kuliner di Aceh yang disajikan dengan kuah kental dan rempah-rempah khas. Tersedia dalam dua varian, mie Aceh goreng dan mie Aceh kuah. Mie ini biasanya disajikan dengan tambahan daging sapi, kambing, atau seafood seperti udang dan cumi. 

2. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U adalah sup khas Aceh yang dibuat dari kelapa parut yang telah difermentasi (pliek u), sayuran, dan rempah-rempah. Kuliner khas Aceh ini memiliki rasa yang kaya dan aroma yang khas. Kuah Pliek U biasanya disajikan bersama nasi dan lauk pauk lainnya. Anda bisa menemukan Kuah Pliek U di berbagai rumah makan tradisional di Aceh.

Baca Juga: Profil dan Jejak Karir Prabowo Subianto, Baru Jalani Operasi Cedera Kaki

3. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap adalah hidangan ayam goreng yang disajikan dengan dedaunan seperti daun pandan, daun kari, dan daun jeruk yang digoreng kering. Rasa gurih dari ayam berpadu dengan aroma harum dari dedaunan membuat hidangan ini sangat nikmat. Salah satu tempat yang terkenal dengan Ayam Tangkapnya adalah RM Aceh Rayeuk di Banda Aceh.

4. Sie Reuboh

Sie Reuboh adalah kuliner khas Aceh berupa hidangan daging sapi atau kambing yang dimasak dengan cuka dan rempah-rempah. Kuliner khas Aceh ini memiliki rasa asam dan gurih yang khas. Sie Reuboh biasanya disajikan bersama nasi panas. Anda bisa mencoba Sie Reuboh di berbagai warung makan tradisional di Aceh Besar.

5. Eungkot Keumamah

Eungkot Keumamah, atau yang sering disebut ikan kayu, adalah ikan tuna yang direbus, dikeringkan, dan dimasak dengan santan serta rempah-rempah. Kuliner khas Aceh ini memiliki tekstur yang unik dan rasa yang kaya. Eungkot Keumamah biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Anda bisa mencicipi hidangan ini di berbagai restoran tradisional Aceh.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Wisata Kuliner di Indramayu yang Enak dan Patut Dicoba

6. Sanger

Sanger adalah minuman kopi khas Aceh yang mirip dengan kopi susu, tetapi dengan rasa yang lebih pekat dan manis. Minuman ini sangat cocok dinikmati sebagai teman bersantai di sore hari.

7. Kue Adee

Kue Adee adalah salah satu kuliner di Aceh berupa kue basah tradisional Aceh yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta gurih. Kue Adee sering disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Anda bisa menemukan Kue Adee di berbagai pasar tradisional di Aceh.

8. Kue Timphan

Kue Timphan adalah kue khas Aceh yang terbuat dari tepung ketan dan pisang, dengan isian serikaya atau kelapa parut. Kue ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Rasanya yang manis dan legit menjadikannya favorit banyak orang. Anda bisa menemukan Kue Timphan di berbagai toko kue dan pasar tradisional di Aceh.

Baca Juga: Catat Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Senin 1 Juli 2024 Masih Stagnan

9. Bu Sie Itek

Bu Sie Itek adalah khidangan bebek yang dimasak dengan bumbu khas Aceh. Bebek ini dimasak hingga empuk dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas. Hidangan ini biasanya disajikan bersama nasi putih. Anda bisa mencoba Bu Sie Itek di berbagai restoran tradisional di Aceh.

Selanjutnya: Promo Alfamart Gantung 1 Juli 2024, Promo Susu Harga Lebih Murah di Awal Bulan

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (2/7) Hujan Lebat, Provinsi Ini Waspada Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru