Kuliner

Rekomendasi Wisata Kuliner di Ciamis yang Khas dan Patut Dicoba, Apa Saja?

Kamis, 11 Juli 2024 | 13:50 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Wisata Kuliner di Ciamis yang Khas dan Patut Dicoba, Apa Saja?

ILUSTRASI. Pekerja mencetak camilan galendo di Kampung Cilame, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (1/2/2022). Pelaku usaha tersebut bisa memproduksi 80 kilogram galendo per hari yang dijual ke berbagai daerah. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Ciamis yang khas dan patut dicoba. Tak hanya kuliner, banyak juga destinasi wisata di Ciamis yang menarik juga untuk dikunjungi.

Ciamis, sebuah kabupaten di Jawa Barat, tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan ragam kuliner khas yang menggugah selera. 

Melansir dari portal Pemerintal Kabupaten Ciamis, Sate dan gulai kambing menjadi salah satu kuliner di Ciamis yang menjadi favorit.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian, Siang Ini Jumat (5/7/2024) Ada Kenaikan

Bagi pecinta kuliner, berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Ciamis yang khas dan wajib dicoba:

1. Galendo

Galendo adalah camilan khas Ciamis yang terbuat dari sisa santan kelapa yang diperas untuk diambil minyaknya. Setelah minyak kelapa diambil, sisa santannya dimasak hingga mengental dan menghasilkan galendo. Rasanya manis dan gurih, cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom adalah salah satu makanan tradisional Ciamis yang sangat populer. Nasi ini dicampur dengan oncom yang telah digoreng atau dibakar terlebih dahulu. Disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, tempe, tahu, lalapan, dan sambal, nasi tutug oncom menawarkan cita rasa yang lezat dan khas.

Baca Juga: Link Live Streaming Spanyol vs Jerman Perempat Final Euro 2024, Cek Prediksinya

3. Mie Golosor

Mie Golosor adalah mie khas Ciamis yang berwarna kuning dan terbuat dari tepung singkong. Teksturnya kenyal dan licin, biasanya disajikan dengan kuah yang gurih, sayuran, serta taburan bawang goreng. Mie ini sering dijadikan menu buka puasa di bulan Ramadhan.

4. Sate Domba Garut

Meski namanya Sate Domba Garut, kuliner ini juga banyak ditemui di Ciamis. Sate ini terbuat dari daging domba yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu, lalu dibakar dengan arang. Rasanya yang gurih dan empuk sangat nikmat, terutama jika disajikan dengan sambal kacang atau sambal kecap.

5. Keripik Sukun

Keripik Sukun adalah camilan yang terbuat dari buah sukun yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga renyah. Rasanya gurih dan bisa menjadi teman ngemil yang pas di waktu senggang. Keripik ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Ciamis.

Baca Juga: Tengok Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Melalui SnapTik

6. Sale Pisang

Sale Pisang adalah pisang yang dijemur hingga kering lalu digoreng. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam, dengan rasa manis alami dari pisang. Camilan ini sangat populer di Ciamis dan menjadi salah satu oleh-oleh favorit wisatawan.

Selanjutnya: 5 Pemain Sepakbola Termuda di Euro 2024, Ada Jamal Musiala

Menarik Dibaca: Promo Alfamidi Ngartis s/d 15 Juli 2024, Wipol hingga Antangin Beli 1 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru