Rekomendasi Wisata Kuliner di Cilacap yang Menarik Untuk Dicoba

Senin, 15 Juli 2024 | 13:25 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Wisata Kuliner di Cilacap yang Menarik Untuk Dicoba

ILUSTRASI. Simak rekomendasi wisata kuliner di Cilacap yang menarik untuk dicoba


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Cilacap yang menarik untuk dicoba. Tak hanya kuliner, banyak juga destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Cilacap, sebuah kota di pesisir selatan Jawa Tengah, terkenal tidak hanya karena keindahan alamnya tetapi juga kekayaan kulinernya. 

Melansir dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, salah satu kuliner Cilacap yang menjadi favorit wisatawan ada brekecek.

Baca Juga: Daftar Wisata Kuliner di Ambon yang Menarik Perhatian dan Wajib Dicoba, Apa Saja?

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Cilacap yang khas dan wajib dicoba bagi para pecinta kuliner.

1. Brekecek

Brekecek adalah kuliner khas Cilacap yang terbuat dari ikan atau ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Proses memasak brekecek menggunakan teknik tumis dengan campuran bumbu seperti kunyit, lengkuas, jahe, dan cabai. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat brekecek sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat. Ikan yang paling sering digunakan adalah ikan Jahan, yang memiliki tekstur daging yang lembut.

2. Mendoan Cilacap

Mendoan adalah tempe yang digoreng setengah matang dengan balutan tepung berbumbu. Meskipun mendoan bisa ditemukan di berbagai daerah di Jawa Tengah, mendoan Cilacap memiliki rasa yang khas karena menggunakan resep turun-temurun. Tepung yang digunakan memiliki campuran bumbu khusus yang memberikan cita rasa unik dan lebih gurih. Mendoan biasanya disajikan dengan sambal kecap yang pedas dan manis.

Baca Juga: Harga Emas Antam Logam Mulia Hari Ini Senin (15/07/2024) Turun Tipis

3. Sate Martawi

Sate Martawi adalah sate khas Cilacap yang terbuat dari daging kambing muda. Berbeda dengan sate pada umumnya, Sate Martawi menggunakan bumbu khusus yang diracik dari berbagai rempah-rempah. Proses pemanggangan yang sempurna membuat daging kambing menjadi empuk dan memiliki aroma yang khas. Sate ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rasa dan lontong.

4. Sego Lengko

Sego Lengko adalah kuliner khas Cilacap berupa hidangan nasi yang disajikan dengan berbagai macam sayuran dan lauk-pauk. Hidangan ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan tempe, tahu, mentimun, toge, dan daun kemangi, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Sego Lengko merupakan pilihan tepat bagi mereka yang mencari makanan sehat dan lezat.

5. Sate Bebek

Sate Bebek Cilacap adalah salah satu kuliner Cilacap yang cukup terkenal. Bebek yang digunakan biasanya dimasak terlebih dahulu dengan bumbu khas sebelum dipanggang. Bumbu yang meresap sempurna membuat daging bebek menjadi empuk dan lezat. Sate Bebek ini biasanya disajikan dengan lontong dan bumbu kecap yang pedas manis.

Baca Juga: Simak Cara Memindahkan M-Banking BCA Ke HP Baru Dengan Mudah

6. Keripik Tempe

Keripik Tempe Cilacap adalah camilan khas yang terbuat dari tempe yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga renyah. Keripik ini memiliki rasa gurih dan renyah yang cocok dijadikan oleh-oleh. Proses penggorengan yang tepat dan bumbu yang pas membuat Keripik Tempe menjadi salah satu camilan favorit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru