Rekomendasi Wisata Kuliner di Kupang yang Wajib Dicoba, Apa Saja?

Kamis, 18 Juli 2024 | 12:35 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Wisata Kuliner di Kupang yang Wajib Dicoba, Apa Saja?

ILUSTRASI. Simak rekomendasi wisata kuliner di Kupang yang wajib dicoba.


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Kupang yang wajib dicoba. Tak hanya kuliner, banyak juga destinasi wisata di Kupang juga menarik untuk dikunjungi.

Kupang, ibu kota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya tetapi juga kelezatan kuliner khasnya. 

Melansir dari laman Dinas Pariwisata NTT, Kabupaten Kupang menjadi salah satu kota di Nusa Tenggara Timur yang memiliki daya tarik wisata kuliner, alam, budaya dan sejarah bagi wisatawan.

Baca Juga: Jadwal Piala Presiden 2024 Lengkap Mulai 19 Juli 2024 Mendatang

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Kupang yang wajib dicoba:

1. Se'i Sapi

Se'i sapi adalah daging sapi yang diasapi dan dimasak dengan bumbu khas Kupang. Proses pengasapannya membuat daging sapi ini memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang menggugah selera. Biasanya disajikan dengan sambal lu'at, yaitu sambal khas NTT yang terbuat dari tomat, cabai, dan jeruk nipis.

2. Jagung Bose

Jagung bose adalah makanan tradisional Kupang yang terbuat dari jagung yang direbus bersama santan dan kacang-kacangan. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai pendamping daging atau ikan. Rasanya gurih dan teksturnya lembut.

Baca Juga: Cara Top Up ShopeePay Lewat ATM BCA, M Banking BCA dan KlikBCA

3. Ikan Kuah Asam

Ikan kuah asam adalah hidangan ikan yang dimasak dengan kuah asam yang segar dan sedikit pedas. Hidangan ini sangat cocok dinikmati di siang hari untuk menyegarkan tubuh dan memanjakan lidah.

4. Sambal Lu'at

Sambal lu'at adalah sambal khas Kupang yang terbuat dari campuran cabai, tomat, dan jeruk nipis. Sambal ini memiliki rasa pedas dan asam yang khas. Biasanya sambal lu'at disajikan bersama dengan se'i sapi atau ikan kuah asam.

Baca Juga: Daftar Peserta Piala Presiden 2024 dan Stadion yang Digunakan

5. Kolo

Kolo adalah nasi bakar khas Nusa Tenggara Timur, termasuk Kupang. Nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga harum. Kolo biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam atau ikan bakar.

6. Lawar Ikan

Lawar ikan adalah hidangan berupa ikan yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah dan sayuran seperti kelapa parut, kacang panjang, dan bumbu khas. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya dan cocok dinikmati sebagai lauk.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Medan yang Khas, Coba 6 Makanan Ini

7. Tutu Tuan

Tutu tuan adalah hidangan bubur khas Kupang yang terbuat dari beras yang dimasak dengan sayur-sayuran seperti daun kelor, labu kuning, dan jagung. Bubur ini biasanya disajikan dengan ikan atau daging sebagai lauk pendamping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru