Rendang masih jadi unggulan promosi pariwisata

Jumat, 26 Januari 2018 | 12:40 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Rendang masih jadi unggulan promosi pariwisata


WISATA KULINER - JAKARTA. Food, culture dan history rendang langsung disaksikan para tamu ASEAN Gastronomy Conference di Hotel Shangri-La, Chiang Mai. Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI, Vita Datau Messakh menerangkan triangle concept makanan terlezat dunia 2011 dan 2017 versi CNN itu.

"Silakan googling. Rendang adalah makanan terlezat di dunia pada tahun 2011 dan 2017," ungkap Vita Datau seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (26/1).

Pada pertemuan yang dihadiri ahli-ahli gastronomi ASEAN, chef-chef ternama hingga sejumlah stakeholder pariwisata ini, Vita memaparkan filosofi rendang. "Rendang memenuhi kriteria gastronomi karena di dalamnya terdapat proses pembuatan yang dinamakan marandang. Dan filosofi dari setiap unsurnya seperti daging mencerminkan  prosperity (kesejahteraan), rempah-rempah mencerminkan enhancement (peningkatan), santan kelapa untuk integrator dan cabe merah untuk pelajaran baik," tambahnya

Melalui serangkaian diskusi dengan para pemangku kepentingan di tanah air, diperoleh data bahwa kekayaan dan keanekaragaman gastronomi Indonesia merupakan kontribusi dari 1.340 suku di Indonesia. Keanekaragaman hayati berupa hutan tropis yang luasnya lebih dari 80 juta hektare, tempat berkembangnya lebih dari 40.000 jenis tanaman serta perairan Indonesia yang sangat luas menyimpan 2.500 jenis ikan laut dan 2.184 jenis ikan tawar.

Ini semua menjadikan suku-suku di Indonesia dapat berkreasi menciptakan makanan tradisional yang angkanya mencapai lebih dari 5.000 resep. "Kuliner ketika sudah siap dipromosikan, dikapitalisasi, maka dia sudah masuk pariwisata. Semakin banyak makanan kita yang dikenal, maka semakin banyak yang ingin ke negara kita. Ini adalah kultur diplomasi bangsa kita,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru