Resep Donat Anti Gagal dan Rekomendasi HPP untuk Jualan Donat Biar Cuan

Rabu, 17 Mei 2023 | 06:08 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Resep Donat Anti Gagal dan Rekomendasi HPP untuk Jualan Donat Biar Cuan

ILUSTRASI. Donat Ganache


RESEP MASAKAN -  Donat merupakan salah satu camilan yang sangat disukai masyarakat dari berbagai golongan. Tua maupun muda menyukai jajanan yang digoreng ini.

Bahkan, terdapat kursus untuk keterampilan tata boga street food ini dan menjadi salah satu kursus yang digemari, khususnya melalui program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW).

Salah satu lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang mengikuti program PKW bidang keterampilan tata boga street food adalah LKP Smart Center, Pasuruan, Jawa Timur. 

LKP yang eksis di bidang tata boga ini berfokus menghadirkan lulusan yang siap berwirausaha dan berkreasi di bidang tata boga, termasuk di dalamnya pelatihan membuat donat.

Baca Juga: Cara Melihat Lowongan BUMN di Rekrutmen Bersama BUMN 2023 yang Masih Tersedia

Chef Hari Purwanto, instruktur di LKP Smart Center memberikan resep sekaligus langkah-langkah pembuatan donat yang enak dan bisa dibuat di rumah. 

Merangkum situs Direktorat Jenderal (Ditjen) Vokasi Kemendikbud Ristek, berikut ini resep dan cara membuat donat hingga menghitung 

Resep donat anti gagal

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 30 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 butir kuning telur
  • 130 ml susu cair dingin
  • 40 gram mentega
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • topping donat (gula halus, cokelat leleh, kacang, atau sesuai selera)

Cara membuat 

1. Campurkan tepung terigu, susu cair ragi instan, gula pasir, dan garam, lalu aduk rata. 

2. Selanjutnya, masukkan telur yang sudah dikocok terlebih dahulu dan mentega. Aduk adonan secara merata sampai dengan kalis. Ciri adonan sudah kalis adalah tidak lengket dan tidak gampang putus.

3. Pastikan Anda sudah menghitung adonan sebelum membagi adonan menjadi donat. Satu resep tersebut akan menghasilkan 486 gr dan bisa dibagi menjadi 16 donat. 

4. Setelah membuat bulatan donat, taruh donat di atas loyang yang sudah dilumuri mentega dan terigu. 

5. Beri jarak antara donat yang satu dengan yang lain agar ketika mengembang tidak menempel. Setelah itu, tutup mangkuk dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Baca Juga: Catat, Ini Syarat Lulusan SMA/SMK Buat Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023

6. Setelah adonan mengembang, lubangi donat di tengah menggunakan tangan ataupun alat cetakan donat. Menurut Chef Hari, Anda bisa gunakan tangan agar seluruh adonan bisa terpakai. 

7. Kemudian taruh donat yang telah dibentuk di atas loyang yang ditaburi dengan sedikit tepung. Diamkan selama 15 - 20 menit agar donat mengembang kembali.

8. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng donat dengan sempurna. Goreng donat dalam minyak panas hingga kedua sisi berwarna kecokelatan. Pastikan membalik donat agar matang merata.

9. Setelah donat dingin, Anda bisa memberi topping sesuai selera, seperti gula halus, coklat leleh, atau kacang. Selain itu Anda juga dapat mengisi donat dengan selai atau krim favoritmu, lho!

Sebelum menjual donat, Chef Hari menjelaskan bahwa menghitung harga jual (HPP) penting untuk dilakukan agar Anda bisa mendapatkan cuan. 

Contoh seperti, untuk resep di atas menghabiskan pengeluaran total sekitar Rp 23.450, namun harga tersebut bisa berbeda sesuai dengan daerah masing-masing.

Dengan menghitung estimasi cost sebesar 35 persen Anda dapat menjual donat sebesar Rp 1.500 - Rp3.000 setiap satu donat. 

Harga jual tersebut bisa berbeda tergantung dengan harga bahan dan rata-rata harga jual di daerah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru