Kuliner

Resep murah, mudah: Macaroni schotel panggang, gurihnya ambyar di mulut

Sabtu, 09 Mei 2020 | 14:13 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Resep murah, mudah: Macaroni schotel panggang, gurihnya ambyar di mulut

ILUSTRASI. Resep macaroni schotel panggang

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Salah satu makanan pasta yang jadi favorit adalah macaroni schotel. Tak mengherankan sih, rasanya yang gurih paduan susu, keju, dan daging menyatu sempurna saat masuk mulut. Lumer dan langsung ambray di mulut… duh sedap dan bikin kenyang pula….

Menyiapkan resep macaroni shcotel sampai jadi masakan juga terbilang mudah, praktis alias anti ribet.  Tinggal cemplang cemplung  kelar deh… 
Ada dua cara memasang resep macaroni schotel, yakni dipanggang dan dikukus, resep dasarnya sama saja, tinggal cara memasaknya saja yang membedakanya. Dua-duanya endes kok.
 
Oh iya,  resep masakan macaroni schotel  di Indonesia diperkenalkan oleh Belanda selama pendudukan di Indonesia.  Schotel  atau schaal berasal dari bahasa Belanda.
Ini mengacu pada wadah yang digunakan untuk membuat masakan ini. Macaroni umumnya dibuat dari, susu keju ditambah daging atau tuna. Agar mirip dengan selera Asia, ada juga yang menambahkan resep macaroni schotel dengan kentang, telur, atau tahu.
Nah, siap memasak resep macaroni schotel? Kali ini, yuk mencoba resep panggang macaroni shcotel yang lumer dan amyar di mulut ya.
 
Bahan dan estimasi modal resep macaron schotel panggang:
500 gram macaroni (Rp 18.000)
3 sdm mentega (Rp 2.000)
3 sdm terigu (Rp 1.000)
600 ml susu cair ( 1liter+ Rp 20.000 saya pakai low fat/Rp 16.000)
1 butir bawang Bombay (Rp 3.000)
1 pak smoked beef, potong kotak-kotak (Rp 40.000 untuk 500 gram/25 slices, pakai separonya Rp 20.000)
200 gram Keju cheddar100 gram mozzarella (Rp 28.000 per 250 gram)
Daun seledri, cincang halus RP 1.000
Saus tomat (Rp 5.500)
Biji pala (Rp 1.000)
2 sdt garam dan gula (Rp 1.000)
1 sdt lada hitam (Rp 1.000)
Minyak  4 sendok makan (Rp 1.000)
Cara masak resep macaroni schotel panggang:
Potong bawang bombay, parsley, dan smoked beef. Masukkan sedikit minyak, tumis bawang bombay bersama smoked beef dalam penggorengan. Angkat
 
Dalam penggorengan yang sama, taruh mentega biarkan cair, perlahan masukan  terigu. Jika sudah matang,tuang sedikit-sedikit susu cai. Kemudian tambahkan keju parut, garam, lada, gula dan biji pala dan selediri cincang. Biarkan dingin.
 
Lalu masukkan macaroni dan telur, aduk hingga merata serta daging asap dan aduk sampai rata. Pindahkan ke kaserol atau pirex yang tahan panas. Kemudian bubuhkan saus tomat,  dan taburan keju parut.
 
Panggang selama 20-30 menit dengan suhu 180 derajat sampai kecokelatan. 
 
Tralala, sajikan macaroni schotel panggang selagi hangat.
 
 
Untuk memasak resep ini,  Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 95.000 untuk seloyang besar macaroni schotel panggang ini.  Sebagai perbandingan, macaroni panggang bogor yang terkenal menjual makanan ini seharga Rp 145.000 untuk ukuran besar.
 
Jika disimpan dalam kulkas, makanan macaroni schotel panggang ini tahan sampai 4-5 hari lo. Jadi jangan dipaksa habis seketika ya….
Apalagi resep ini bisa untuk lima orang anggota keluarga untuk dua hari lo.


Editor: Titis Nurdiana


Terbaru