Resep praktis, cepat dan murah: pisang goreng pasir krispi

Selasa, 28 April 2020 | 04:00 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Resep praktis, cepat dan murah: pisang goreng pasir krispi

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pisang adalah salah satu jenis buah yang bisa diolah apa saja. Banyak resep kudapan atau camilan berbahan dasar pisang. 

Sudah begitu, hampir semua resep olahan pisang punya banyak penggemar, mulai dari anak anak sampai orang tua.  
 
Memiliki kandungan gizi yang seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak, harga pisang juga tak merobek kantong alias murah.
 
Berbekal uang Rp 10.000 sampai Rp 20.000, Anda bisa mendapatkan pisang pilihan atau sesuai selera. Untuk sesisir pisang uli, umumnya dibanderol Rp 7.000 sampai Rp 10.000 per sisir. Adapun pisang kapok, pisang raja umumnya dibanderol Rp 20.000 per sisir untuk ukuran yang lumayan jumbo.
 
Nah, salah satu resep olahan pisang yang punya banyak penggemar adalah pisang goreng.  Selain murah, resep olahan pisang goreng juga bejibun. Mulai resep pisang goreng tradisional, resep pisang goreng madu, pisang goreng keju, pisang goreng coklat sampai pisang goreng pasir nan krispi.
 
Jika bingung mencari kudapan untuk berbuka puasa, resep pisang goreng pasir krispi ini bisa menjadi salah satu pilihan. 
 
Berikut beberapa resep  membuat pisang goreng krispi cepat, praktis dan hemat.
 
Bahan dan estimasi harga pembuatan resep ini:
 
Pisang kepok  1 sisir Rp 20.000
Tepung terigu protein rendah 100 gram (250 gram Rp 2.000)
Air 150 mili
Garam ¼ sendok the ( 250 gram Rp 6.000)
Gula pasir 1 sendok makan (250 gram Rp 5.000)
Vanili bubuk sejumput (20 gram, Rp. 5.500)
Tepung panko/roti/panir (250 gram/Rp 3.500)
Minyak untuk menggoreng (250 ml/Rp 4.500)
 
Total untuk mengolar resep pisang goreng pasir krispi ini tak sampai Rp 25.000. Belanja awal seperti garam, gula, vanili, minyak, tepung dan lain lain bisa dipakai untuk aneka olahan resep kudapan lainnya.
 
Sudah begitu, kudapan ini kalau dijual di pasaran Rp 2.000 – Rp 2.500 per potong, sementara bikin sendiri bisa dimakan sesisi rumah sampai kekenyangan lo…
 
Cara membikinnya cepat dan praktis.
 
Campur tepung terigu, air, garam, vanili dan gula pasir sampai semua tercampur.  Belah pisang kapok jadi dua dan balurkan dalam campuran tepung. Jika semua sudah kelar, gulirkan dalam tepung roti dan goreng… sampai garing alias krispi.
 
Psst, selain bisa dikudap langsung, Anda bisa menambahkan variasi resep ini dengan tambahan keju parut, meses dan mengucurkan skim (susu) cair coklat di atas pisang goreng krispi ini. 
 
Sensasi rasanya pasti berbeda… nyam nyam selamat mencoba, resep praktis, murah, gampang dan cepat ini!
 

Editor: Titis Nurdiana
Terbaru