Resmi Dibuka, GIIAS 2022 Dipenuhi Inovasi Produk Kendaraan Listrik

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:26 WIB   Reporter: Dimas Andi
Resmi Dibuka, GIIAS 2022 Dipenuhi Inovasi Produk Kendaraan Listrik

ILUSTRASI. Menko Perekonomian Airlangga Hartanto saat membuka pameran otomotif GIIAS 2022


OTOMOTIF - JAKARTA. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 telah resmi dibuka pada Kamis (11/8) hari ini. Ajang pameran otomotif ini menampilkan inovasi teknologi terkini kendaraan bermotor, termasuk inovasi terkait kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, GIIAS tahun ini mengusung tema “Future is Bright” dan merupakan penyelenggaraan untuk yang ke-29 kalinya. Tema ini menandakan masa depan otomotif Indonesia yang akan cerah.

"Kami turut berterima kasih kepada pemerintah. Terlepas adanya masa-masa sulit, Indonesia mampu swasembada industri kendaraan bermotor dan sedang melangkah menjadi pemain besar di ASEAN," ungkap dia saat memberikan sambutan, Kamis (11/8).

Baca Juga: Pamerkan Elf Electric Vehichle, Mobil Listrik Isuzu Diapresiasi Menko Airlangga

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto mengaku puas dengan penyelenggaraan GIIAS 2022 lantaran jumlah pesertanya kian banyak. Hampir seluruh Agen Pemegang Merek (APM) yang ikut pameran ini menampilkan kendaraan listrik.

"EV diharapkan bisa terjual di dalam negeri dengan harga yang kompetitif dan produksi EV di dalam negeri juga dapat terus didorong," kata Airlangga di kesempatan yang sama, Kamis (11/8).

Kendaraan listrik juga dipastikan akan digunakan sebagai kendaraan operasional bagi para presiden dan pejabat terkait dalam KTT G20 di Bali pada tahun ini.

Airlangga juga menyebut, kemampuan ekspor mobil Indonesia terus meningkat. Bahkan, Indonesia kini telah mampu mengekspor mobil buatan dalam negeri dari berbagai merek ke 80 negara di seluruh dunia.

Diharapkan jumlah negara tujuan ekspor tersebut akan terus bertambah di masa mendatang. Kendaraan listrik Indonesia juga diharapkan bisa meramaikan pasar ekspor.

"Untuk sekarang penjualan EV fokus di dalam negeri. Tapi kalau volume terus meningkat, bakal ekspor. Sekarang masih masa transisi," terang dia.

Sebagai informasi, terdapat 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang hadir pada gelaran GIIAS 2022. Beberapa di antaranya membawa model kendaraan listrik, yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Sementara dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.

Baca Juga: Hyundai Motors Indonesia Hadirkan Pengalaman Inspiratif dan Bermakna di GIIAS 2022

Selain itu, lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, dari industri karoseri hadir Adiputro, Laksana, Tentrem.

Tak hanya itu, merek-merekroda dua juga berpartisipasi dengan beberapa juga membawa motor listrik pada GIIAS tahun ini seperti Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Royal Enfield, Segway, Selis, SM Motor, SYM, dan Wmoto. Adapun pada hari pertama, lebih dari 30 kendaraan model baru diluncurkan di GIIAS 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru