RI Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034 Bareng Australia, Malaysia, Singapura

Kamis, 12 Oktober 2023 | 06:35 WIB Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters
RI Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034 Bareng Australia, Malaysia, Singapura

ILUSTRASI. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, Indonesia sedang berdiskusi dengan Australia untuk tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Malaysia dan Singapura.


PIALA DUNIA - JAKARTA. Niat Indonesia menjadi tuan rumah ajang sepakbola paling bergengsi sejagat, Piala Dunia, belum padam.

Terbaru, Indonesia sedang berdiskusi dengan Australia tentang kemungkinan pencalonan bersama menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Malaysia dan Singapura.

Badan sepak bola dunia (FIFA) mengundang asosiasi anggota dari Asia dan Oseania untuk mengajukan penawaran hak atas tuan rumah Piala Dunia tahun 2034.

“Kami sedang mendiskusikan (penawaran) dengan Australia,” kata Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir seperti dilaporkan Reuters mengutip dari Sydney Morning Herald.

“Saat saya mengunjungi Malaysia dan Singapura, kedua negara menyatakan minatnya untuk bergabung dengan Indonesia dan Australia,” kata Erick.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tetapkan Keppres tentang Panitia Nasional Piala Dunia FIFA U-17 2023

Ketika dimintai komentar mengenai kemungkinan penawaran bersama, Football Australia merujuk pada pernyataan Reuters pekan lalu yang mengatakan pihaknya sedang menjajaki kemungkinan penawaran untuk Piala Dunia Antarklub FIFA 2029 dan/atau Piala Dunia FIFA 2034.

PSSI belum menanggapi permintaan komentar Reuters mengenai soal ini.

FIFA mengumumkan bahwa Spanyol, Maroko dan Portugal akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, dengan Uruguay, Paraguay dan Argentina menjadi tuan rumah pertandingan pembuka.

“Maroko, Portugal, dan Spanyol sebagai tuan rumah turnamen, serta Uruguay, Argentina, dan Paraguay sebagai tuan rumah perayaan seratus tahun tersebut, akan lolos otomatis dari kuota alokasi slot konfederasi masing-masing,” demikian bunyi pernyataan FIFA.

FIFA juga mengundang Asia dan Oseania untuk mengajukan penawaran tuan rumah Piala Dunia tahun 2034.

Arab Saudi dengan cepat mengumumkan niatnya untuk mengajukan tawaran hak menjadi tuan rumah dan FIFA telah menetapkan batas waktu hingga 31 Oktober bagi pihak lain yang berkepentingan untuk menyampaikan niat mereka.

Dengan Qatar menjadi tuan rumah edisi 2022, Akmal Marhali dari pengawas Indonesia Save Our Soccer mengatakan kepada Herald bahwa mungkin terlalu dini bagi Piala Dunia untuk kembali digelar di Timur Tengah.

“Kami cukup kuat,” katanya. “Saya pikir FIFA akan melihat kawasan Timur Tengah menjadi tuan rumah bersama Qatar tahun lalu. Jepang dan Korea juga menjadi tuan rumah. Saya yakin FIFA akan mencoba negara lain.

“Potensi menang kalau kita gabung dengan Australia, Malaysia, dan Singapura juga lebih besar,” imbuhnya.

Piala Dunia 2026 yang diikuti 48 tim akan diselenggarakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Baca Juga: FIFA Luncurkan Lambang Resmi Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru