Riot Tuntut Game MOBA Mobile Legends: Bang Bang, Ini Fakta yang Harus Anda Ketahui

Rabu, 11 Mei 2022 | 10:02 WIB Sumber: Dotesports
Riot Tuntut Game MOBA Mobile Legends: Bang Bang, Ini Fakta yang Harus Anda Ketahui

ILUSTRASI. Riot Tuntut Game MOBA Mobile Legends: Bang Bang, Ini Fakta yang Harus Anda Ketahui


MOBILE LEGENDS - Riot tuntut game MOBA Mobile Legends: Bang Bang, ini fakta yang harus Anda ketahui. Mencengangkan, beberapa skin dan desain pada game Mobile Legends: Bang Bang diketahui menjiplak game besutan Riot, yakni League of Legends: Wild Rift.

Ramai diperbincangkan, developer game bernama Riot Games baru-baru ini sedang hangat-hangatnya muncul di dunia maya. Namanya kembali muncul setelah menuntut Moonton atas Mobile Legends: Bang Bang yang dituding melakukan plagiat atas beberapa skin dan desain, serta gameplay.

Riot Games menggugat pengembang Mobile Legends yang bermarkas di Shanghai karena menjiplak League of Legends: Wild Rift. Ini merupakan versi mobile dari League of Legends yang sebelumnya hanya rilis di PC.

Melansir Dotesports (11/05/2022), Riot Games melakukan pengaduan yang diajukan pada Senin (09/05/2022) di Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Pusat California.

Ini bukanlah pertama kalinya Riot Games melakukan pengaduan, ternyata pada tahun 2018 lalu aduan serupa pernah diajukan di tempat yang sama kepada Shanghai Moonton Technology, pengembang MLBB.

Menurut Riot Games, mereka telah mengumpulkan bukti-bukti desain skin antara League of Legends: Wild Rift dan Mobile Legends: Bang Bang yang dituding menjiplak.

Salinan dokumen yang diajukan Riot Games terhadap Moonton juga tersebar di internet, memperlihatkan apa saja yang diklaim menjiplak.

Baca Juga: Kode Redeem FF 11 Mei 2022, Kesempatan Klaim Hadiah Skin Hingga Bundle Keren!

Mobile Legends

Anda dapat melihat beberapa perbandingan desain karakter dan skin antara League of Legends: Wild Rift dan Mobile Legends: Bang Bang melalui cuitan Twitter yang dibagikan akun (@Spideraxe30) berikut ini.

Tidak hanya menjiplak karakter atau desain skin, Moonton juga turut melakukan perombakan logo Mobile Legends: Bang Bang yang mengikuti League of Legends.

Masih menemukan bukti yang dirasa menjiplak Legaue of Legends: Wild Rift, gameplay Mobile Legends: Bang Bang juga diduga mencontek. Berdasarkan bukti yang dikumpulkan, mekanisme untuk cancel atau membatalkan skill di MLBB mirip dengan LoL: Wild Rift.

Di mana pemain dapat mengarahkan skill ke luar area supaya dapat membatalkan skill yang ingin dikeluarkan. Ini merupakan metode alternatif yang terdapat di Wild Rift yang juga dicontek MLBB.

Baca Juga: 400 Primogem Menanti, Reward Genshin Impact Penundaan Versi 2.7 Sudah Bisa Diklaim

Masih ada bukti-bukti lainnya yang diadukan oleh Riot Games atas gugatannya terhadap Moonton terkait Mobile: Legends Bang Bang. Termasuk beberapa trailer yang menjiplak, hingga kampanye pemasaran yang dilakukan MLBB dituding sekedar copy-paste Wild Rift.

Berikut link salinan dokumen tuntutan Riot Games terhadap Moonton atas tudingan Mobile Legends: Bang Bang yang menjiplak sumber dari Polygon.

https://www.scribd.com/document/573459114/Riot-Moonton-Complaint

 

Mobile Legends: Bang Bang merupakan salah satu game MOBA mobile yang begitu populer di Android dan iOS yang telah rilis sejak tahun 2016 lalu.

Game ini begitu populer di Indonesia dan beberapa negara lainnya dengan kompetisi-kompetisi menarik berhadiah fantastis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru