Ritual Budaya Melayu di Kalimantan Barat

Kamis, 06 September 2018 | 07:30 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Ritual Budaya Melayu di Kalimantan Barat


WISATA - JAKARTA. Ingin tahu budaya melayu? Silahkan datang ke The Paradje Festival 2018. Acara digelar pada 5-8 September 2018. Ritualnya dimulai Rabu (5/9) pukul 07.00 WIB di area Keraton Surya Negara, Sanggau, Kalimantan Barat. Pembukanya berupa Karnaval Paradje yang mengarak pusaka, sesaji, dan panji keraton melewati jalan utama Kota Sanggau.

Sesuai filosofinya, Paradje adalah agenda pembersih negeri dari beragam bala atau malapetaka. Setelah Karnaval Paradje sampai di area keraton, ritual dilanjutkan Tolak Ajong dan Tabur Bunga.

“Paradje ini agenda rutin dan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda. Paradje ini menjadi ritual bagi pembersih negeri. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang selalu memberikan dukungan,” ungkap Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau Gusti Arman.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga apresiasi penyelenggaraan Paradje Festival. Dengan karakter event yang dimilikinya, festival ini menjadi penegas potensi besar pariwisata Sanggau.

“Penyelenggaraan Paradje Festival ini luar biasa. Beragam agenda yang digelar menjadi bukti potensi besar pariwisata Sanggau. Potensi ini harus diupayakan agar menjadi value secara ekonomi bagi masyarakat,” ujar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (5/9).

The Paradje Festival dihadiri oleh para raja domestik hingga mancanegara. Kasultanan Brunei Darussalam dan Keraton Malaysia pun mengirimkan dutanya. Hadir pula raja-raja dari Kerajaan Ketapang, Sekadau, Tayan, juga Landak.

Usai penyelenggaraan Paradje Festival, digelar Perayaan Satu Syuro di Balai Karangan. Festival ini untuk mengakomodir budaya masyarakat Jawa yang ada di Sanggau.

Ada juga Festival Budaya Pasundan pada 5 Oktober dengan pengisi acara Doel Sumbang. Event adventure juga disajikan 28 Oktober dengan rute Entikong menuju Taman Sabang Merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru