Sport

Road to BPKH Hajj Run 2024 di Car Free Day: Kampanye Peduli Kesehatan Haji

Selasa, 08 Oktober 2024 | 18:07 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Road to BPKH Hajj Run 2024 di Car Free Day: Kampanye Peduli Kesehatan Haji

ILUSTRASI. Road to BPKH Hajj Run 2024 di Car Free Day


BPKH - JAKARTA. Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyelenggarakan acara "Road to BPKH Hajj Run 2024" di area pedestrian FX Sudirman, Jakarta, bersamaan dengan kegiatan Car Free Day (CFD). Selain di Jakarta, acara serupa juga berlangsung di Padang, Sumatera Barat.

Acara ini bertujuan untuk mengajak peserta CFD di kedua kota untuk berpartisipasi dalam BPKH Hajj Run yang akan digelar di Padang pada 3 November 2024.

Baca Juga: Bambang Brodjonegoro: Penguatan kelembagaan BPKH untuk Optimalkan Investasi Dana Haji

Dengan mengusung prinsip istitho'ah (kesiapan fisik dan finansial), kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan fisik dalam menjalankan ibadah haji, sekaligus memperkenalkan perencanaan keuangan haji kepada generasi muda.

BPKH Hajj Run juga menjadi platform promosi layanan keuangan haji yang disediakan oleh BPKH dan mitra strategis dalam ekosistem perhajian.

Menurut Harry Alexander, Anggota Badan Pelaksana BPKH, acara ini berfokus pada peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesiapan fisik sebelum menjalankan ibadah haji.

Baca Juga: BPKH Hajj Run 2024: Lari Sehat, Persiapan Fisik & Finansial untuk Ibadah Haji

“Banyak calon jemaah gagal berangkat karena tidak memenuhi syarat kesehatan. Oleh karena itu, melalui acara ini, BPKH mendorong peserta untuk menjaga kesehatan fisik. Kami memperkenalkan Senam Haji yang dirancang oleh Persatuan Dokter Haji Indonesia (Perdoki) agar calon jemaah bisa berlatih gerakan fisik yang menyerupai aktivitas saat berhaji, seperti berjalan kaki dan melempar jumrah,” jelas Harry dalam siaran persnya, Selasa (8/10).

Ia juga menekankan bahwa persiapan fisik dan finansial memiliki peran yang sama pentingnya dalam menunaikan ibadah haji.

Melalui sinergi dengan mitra strategis, BPKH berharap lebih banyak generasi muda yang mulai merencanakan perjalanan haji mereka lebih awal.

Kampanye #AyoHajiMuda juga diluncurkan untuk mengajak kaum muda memulai tabungan haji sedini mungkin melalui berbagai layanan tabungan haji dari bank syariah mitra BPKH.

Baca Juga: BPKH dan Arab Saudi Bahas Peluang Kerja Sama Investasi di Sektor Haji dan Umrah

BPKH menargetkan lebih dari 3.000 partisipan pada tahun ini, setelah pada 2023 berhasil menarik lebih dari 2.000 peserta dan meningkatkan jumlah pendaftar haji muda sebesar 15%.

Lebih dari 500 peserta telah mendaftar sejauh ini, dengan jumlah yang diperkirakan akan terus bertambah selama kampanye berlangsung. Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi BPKH atau situs resmi BPKH Hajj Run.

Acara ini didukung oleh berbagai mitra strategis, termasuk bank syariah seperti Bank Danamon Syariah, Bank Syariah Indonesia, Bank Nagari Syariah, Bank Muamalat Indonesia, dan lainnya.

Booth bank syariah ini menawarkan layanan pembukaan tabungan haji secara langsung di lokasi acara.

Sumatera Barat dipilih sebagai tuan rumah BPKH Hajj Run 2024 karena nilai keagamaan yang kuat dan potensi wisata yang kaya, menjadikannya tempat ideal untuk menggabungkan olahraga lari dengan edukasi keuangan haji.

Baca Juga: BPKH Naikkan Distribusi Nilai Manfaat Jemaah Haji Tunggu Jadi Rp4,4 Triliun pada 2025

Acara BPKH Hajj Run 2024 di Padang akan diadakan dalam tiga kategori, yaitu Kategori Nasional, Kategori Lokal, dan Kategori Usia Muda (16-22 tahun). Pendaftaran bisa dilakukan melalui website resmi BPKH, aplikasi BPKH, atau media sosial.

BPKH juga telah mengembangkan aplikasi BPKH Apps untuk mendukung ekosistem haji yang lebih terintegrasi.

Dengan event ini, BPKH berharap dapat meningkatkan literasi keuangan haji, terutama di kalangan generasi muda, dan mendorong masyarakat untuk mempersiapkan diri secara fisik dan finansial dalam menjalankan ibadah haji.

Selanjutnya: KPK Menetapkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Menjadi Tersangka

Menarik Dibaca: 10 Superfood yang Bikin Kulit Glowing dari Dalam, Bantu Kinerja Skincare!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru