Ruangan menentukan kualitas suara

Senin, 14 Mei 2012 | 11:20 WIB Sumber: Harian KONTAN, 14 Mei 2012
Ruangan menentukan kualitas suara

ILUSTRASI. XL Axiata (EXCL) sudah mendaftar untuk vaksin gotong royong


MESKI tower speaker diklaim Polytron sebagai solusi praktis dan murah untuk menikmati tayangan televisi dengan suara berkualitas, produk ini masih memiliki banyak kekurangan. Salah satunya, suara itu menempel pada tayangan di televisi.

Hal ini berbeda dengan teknologi speaker yang selama ini ada, yakni lebih menempel ke pemutar video atau audio (player). Kelebihan speaker ini adalah bisa menangkap kualitas suara sebagaimana terdapat dalam cakram yang diputar. Memutar cakram berformat Blu-Ray dan memutar VCD pasti menghasilkan kualitas suara berbeda.

Nah, tower speaker Cinemax mungkin bakal menghasilkan suara bagus jika audio yang ditangkap televisi juga bagus. Repotnya, tak semua stasiun televisi sudah dilengkapi audio stereo. Selain itu, meski televisi bisa menangkap file film berformat .avi atau .mkv, jika kualitas gambar dan audio dalam file itu tak maksimal, suara yang dihasilkan juga tak akan memuaskan.

William Fu, Product Manager Audio Visual LG Electronics Indonesia, menyebutkan, jika semua speaker diletakkan di samping televisi, suara yang dihasilkan juga hanya memantul ke satu arah. Kualitas suara juga sangat tergantung pada besar kecilnya ruangan. Jika ruangan terlalu besar, kualitas suaranya juga tak akan terasa maksimal. Berbeda jika ruangan tersebut kecil dan kedap suara. Suara yang dihasilkan bakal lebih baik.

Karakteristik produk ini agak berbeda dengan home theater yang umumnya menggunakan tallboy speaker. “Ada tiga kategori jenis speaker ini, yakni satelit, half tallboy yang bisa diletakkan di meja, dan tallboy yang diletakkan di lantai,” ujar William.

Menurut William, tallboy speaker yang berukuran tinggi cenderung menghasilkan suara yang lebih hidup. Penempatan speaker yang tak hanya di depan, tapi juga di samping kanan dan kiri belakang penonton membuat suara yang dihasilkan bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Menurut Santo Kadarusman, Relationship Marketing, Advertising & Promotion Manager Hartono Istana Teknologi, produsen Polytron, untuk menikmati kualitas suara dari Cinemax, luasan ruangan cukup menentukan. Cinemax cocok diletakkan di ruang lebih tertutup, seperti kamar tidur atau ruang audio.

Menurut Willaim, idealnya, tallboy speaker cocok ditempatkan di ruang tamu. Namun, tidak tertutup juga bila diletakkan di kamar tidur jika ukurannya cukup luas. Yang penting, ruangan tersebut memiliki sedikit lubang angin, entah berupa jendela atau pintu. Lebih bagus lagi jika ruangan itu tertutup dan kedap suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru