Rumah tampil beda, yuk coba kombinasi warna cat dinding dan plafon ini

Selasa, 09 November 2021 | 11:45 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Rumah tampil beda, yuk coba kombinasi warna cat dinding dan plafon ini

KONTAN.CO.ID - Plafon atau langit-langit rumah merupakan bagian yang kerap terlewat saat membicarakan desain dan dekorasi rumah.

Padahal, bagian yang satu ini juga sama pentingnya dengan dinding rumah. Malah, plafon dapat berperan sebagai dinding kelima dalam suatu ruangan, sehingga penampilannya akan mempengaruhi suasana di dalam ruangan tersebut.

Biasanya, warna putih digunakan untuk mewarnai plafon karena dianggap aman dan netral. Walaupun begitu, tidak ada salahnya Anda menggunakan warna-warna lain untuk menciptakan kesan menarik pada plafon.

Tertarik menggunakan warna selain putih untuk plafon rumah Anda? Berikut inspirasi kombinasi warna cat plafon dan dinding yang bisa Anda coba di rumah.

Baca Juga: Penting! Ini kriteria anak usia 6-11 tahun tidak disarankan vaksinasi COVID-19

Sama dengan warna dinding

Mewarnai plafon dengan warna yang sama dengan dinding dapat memberi kesan ruangan yang unik, tapi tetap simpel. Supaya tidak terasa sempit dan suram, gunakan warna terang seperti warna biru pada gambar di atas.

Pink dan biru

Kombinasi warna pink dan biru muda memang dikenal dapat memberi kesan dreamy yang menenangkan. Anda bisa menggunakan warna soft pink pada plafon yang dipadukan dengan dinding berwarna biru muda untuk memperkuat kesan tersebut.

Hijau toska, hitam, dan putih

Jika Anda menginginkan kesan ruangan yang bold, coba gunakan warna hijau toska yang gelap pada plafon. Gunakan warna putih yang bersih pada dinding, lalu tambahkan warna hitam sebagai aksen pada trim antara plafon dan dinding.

Baca Juga: Ini manfaat air lemon untuk kesehatan penderita diabetes

Oranye dan peach

Untuk suasana ruangan yang terasa segar dan manis, coba gunakan warna burnt orange pada plafon rumah. Warna burnt orange yang kalem dikombinasikan dengan warna putih atau peach pucat pada dinding untuk menciptakan kesan segar yang eyecatching.

Kuning dan putih

Kuning dan putih merupakan dua warna yang identik dengan kesan cerah. Jadi, coba gunakan warna kuning pada plafon dan kombinasikan dengan dinding berwarna putih, lalu maksimalkan pencahayaan dengan jendela dan skylight. Interior rumah Anda pun langsung terasa hangat dan cerah.

Biru keabu-abuan dan krem

Warna krem dapat memberikan kesan hangat dan cerah pada ruangan. Sebagai penyeimbang, Anda bisa mewarnai plafon dengan warna biru keabu-abuan yang gelap dan sejuk. Kombinasi antara kedua warna tersebut dapat menciptakan kesan homey yang nyaman bagi penghuni rumah.

Itulah beberapa contoh kombinasi warna cat plafon dan dinding yang dapat membuat rumah tampil unik. Bagaimana, adakah kombinasi warna yang ingin Anda coba?

Selanjutnya: Pembatasan dilonggarkan, indeks penjualan riil (IPR) Oktober 2021 naik 1,8%

Editor: Kania Paramahita
Terbaru