Gadget

Rumor seri iPhone baru tahun 2021: Punya notch lebih kecil dan pemindai LiDAR

Jumat, 22 Januari 2021 | 10:28 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Rumor seri iPhone baru tahun 2021: Punya notch lebih kecil dan pemindai LiDAR

ILUSTRASI. Susunan komponen pada notch iPhone 12

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seri iPhone 12 baru berusia 4 bulan, namun rumor mengenai kehadiran seri iPhone baru di tahun 2021 sudah mulai beredar. Rumor yang paling santer terdengar adalah desain notch yang lebih kecil serta pemindai LiDAR di semua varian.

Situs MacOtakara dari Jepang baru-baru ini mengabarkan bahwa Apple akhirnya telah menemukan cara untuk memperkecil ukuran notch di bagian atas layar sehingga ukuran layar menjadi lebih lega.

MacOtakara mengabarkan bahwa Apple akan mengubah posisi kamera inframerah (receiver) di bagian atas iPhone untuk mengurangi ukuran kamera TrueDepth. Dengan ini ukuran notch pada lini iPhone 13 diprediksi akan mengecil.

Rumor lain yang tak kalah menarik adalah hadirnya pemindai LiDAR (Light Detection and Ranging) pada semua varian di seri ini. 

Jika benar, ini akan menjadi pembaruan yang cukup signifikan mengingat sebelumnya LiDAR hanya tersedia untuk versi iPhone Pro saja.

Bukan hanya MacOtakara, situs Digitimes juga mendapatkan sejumlah bocoran dari pihak rantai pasokan tentang perubahan kamera pada iPhone yang akan hadir tahun ini.

Baca Juga: Sudah bisa dibeli di Indonesia, ini harga Macbook Air & Pro M1

Digitimes melaporkan Apple berencana mengubah sedikit desain pada Face ID. Untuk memperkecil ukuran notch, Apple akan  menggabungkan pemancar dan penerima inframerah pada satu unit, mirip dengan pemindai LiDAR pada bagian belakang model iPhone 12 Pro.

Saat ini pemancar inframerah berada di sisi kanan notch, sedangkan receiver ada di sisi kiri. Nantinya, kedua komponen ini akan digabungkan menjadi satu modul untuk menghemat ruang.

Digitimes juga mengisaratkan bahwa stabilisasi gambar optik (OIS) akan ditingkatkan pada tiga model. Ada dua cara untuk menerapkan OIS, menggerakkan elemen lensa atau sensor untuk mengimbangi goyangan kamera.

Hingga bulan September atau Oktober mendatang, rumor mengenai spesifikasi dan desain iPhone terbaru dipastikan akan terus berkembang. Mari kita tunggu saja.

Selanjutnya: Dua konsep HP lipat Apple lolos uji ketahanan Foxconn, siap rilis?

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo
Terbaru