HOME

S Pen penyempurnaan si pena ajaib senjata Samsung Galaxy Note20 Ultra

Kamis, 13 Agustus 2020 | 08:40 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
S Pen penyempurnaan si pena ajaib senjata Samsung Galaxy Note20 Ultra

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu perangkat khas dari produk Samsung Galaxy Note adalah adanya pulpen ajaib yang disebut dengan S Pen.

Kehadiran S Pen di produk premium Samsung yakni Galaxy Note selain sebagai ciri khas utama produk ini, juga menjadi cara bagi Samsung untuk memanjakan para pengguna gadget tapi tetap membutuhkan sentuhan pena untuk memudahkan akvifitasnya.

Tradisi untuk menghadirkan pena ajaib S Pen yang juga dikenal dengan sebutan stylus ini kembali tersemat di produk paling anyar Samsung yakni Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra.

Tapi karena produk ini menjadi andalan terbaru Samsung di pasar premium, tentu kehadiran S Pen di Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra tampil lebih mewah dan premium.

Kalau Anda merupakan pengguna ponsel premium Samsung Galaxy Note, mungkin sudah paham betul kelebihan S Pen selama ini.

S Pen membuat Anda terbantu bisa menulis dengan cepat layaknya menulis pakai pulpen di layar ponsel.

Apalagi bagi Anda yang kurang nyaman untuk mengetik cepat menggunakan jempol, tentu akan lebih terbantu jika menulis di layar ponsel layaknya menulis di buku notes, agenda atau secaraik kertas menggunakan S Pen.

"Teknologi itu harus membuat hidup lebih mudah, bukan malah bikin kompleks," kata TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, saat peluncuran Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra (5/8) pekan lalu.

Meskipun penggunaan pulpen ajaib S Pen terkesan klasik, tapi di S Pen di Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra sudah jauh lebih terampil dan tangkas ketimbang semua produk-pdoduk sebelumnya.

Samsung juga telah meningkatkan artificial intelligence (AI) di S Pen yang tersemat pada Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra.

Karena itu, Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra lebih cerdas membaca gerak S Pen, sehingga akan mempercepat aktivitas pengguna gadget Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra.

Layar Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra lebih tanggap dalam membaca gerakan S Pen untuk membuat huruf dan kata.

Tak hanya itu, S Pen yang tersemat di Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra mimiliki kemampuan untuk membuka file, aplikasi, juga mengarahkanya ke atas, ke bawah, ke kanan maupun ke kiri layaknya mouse atau tetikus di personal computer (PC).

Penasaran dengan ditel jerohan Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra? Anda bisa langsung akses ke www.galaxylaunchpack.com, untuk mendapatkan ditel hingga pemesanannya.

Beda sensifitivitas Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra

Namun, meskipun S Pen memiliki kemampuan jauh lebih hebat dibandingkan dengan pulpen-pulpen ajaib yang tersempat pada Galaxi Note generasi sebelumya, kemampuan antara Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra juga memiliki kualitas yang berbeda.

Pada Galaxy Note20 Ultra, kemampuan S Pen lebih ungul karena memiliki tingkatan latency 9 ms (mili second).

Sementara, S Pen pada produk Galaxy Note20 biasa, tingkat angka latency-nya sekitar 26 ms, sehingga wajar jika S Pen yang tersemat di Galaxy Note20 Ultra lebih responsif.

Kalkulasi teknis lainnya yang membuat S Pen di Galaxy Note20 Ultra lebih unggul adalah lantaran sensor yang ada di layar Galaxy Note20 Ultra juga memiliki kemampuan lebih andal.

Seperti kita tahu, Galaxy Note20 Ultra menggunakan layar Dynamic AMOLED 6,9 inci, Infinity-O Display (3.088 x 1.444 piksel), refresh rate 120 Hz.

Sebagai pembanding, Galaxy Note20 reguler atau biasa, berbekal layar yang berbeda yakni Super AMOLED Plus 6,7 inci, Infinity-O Display (2.345 x 1.084 piksel), refresh rate 60 Hz.

Adapun pedahulu Galaxy Note seperti Galaxy Note10 menggunakan S Pen dengan kemampuan sebesar 42 ms.

Artinya S Pen dengan kemampuan baru, dan dukungan layar yang lebih responsif, Galaxy Note20 Ultra, memiliki kemampuan 80% lebih tinggi ketimbang pendahulunya.

Editor: Syamsul Azhar


Terbaru