Saat Isra Miraj , Ini 11 Golongan yang Ditemui Nabi Muhammad SAW

Jumat, 17 Februari 2023 | 17:58 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Saat Isra Miraj , Ini 11 Golongan yang Ditemui Nabi Muhammad SAW


AGAMA DAN KEPERCAYAAN - Isra Miraj adalah peristiwa saat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menuju langit ke-7 untuk mendapatkan wahyu berupa kewajiban shalat lima waktu. Isra Mi'raj 2023 jatuh pada Sabtu, 18 Februari atau tanggal 27 Rajab. 

Dirangkum dari laman NU Online, pengertian Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjid al-Haram ke Masjid al-Aqsa. 

Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan beliau dari Masjid al-Aqsa ke Sidrah al-Muntaha. Sidrah al-Muntaha adalah tempat di langit yang bersifat ghaib, tidak mungkin dijangkau oleh panca indera manusia, bahkan tidak dapat dijangkau oleh akal pikiran.

Saat Nabi Muhammad SAW mengalami Isra Mi'raj, ada beberapa golongan yang beliau temui. Lantas, seperti apa saja golongan yang ditemui oleh Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi'raj? 

Baca Juga: ​10 Hikmah Isra Mi'raj 2023 dalam Kehidupan Sehari-hari

11 Golongan yang Ditemui Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj 

Isra dan Miraj adalah sebuah perjalanan spiritual yang luar biasa bagi Nabi Muhammad SAW.

Isra dan Miraj adalah sebuah perjalanan spiritual yang luar biasa bagi Nabi Muhammad SAW. Dirangkum dari laman NU Online, perjalanan ini ibarat perjalanan keilmuan dan penempaan mental bagi nabi dalam bersikap ketika nanti berhadapan dengan bermacam-macam jenis manusia saat berdakwah.

Untuk itu secara khusus Allah SWT memberikan waktu tersendiri bagi Nabi Muhammad SAW untuk berkenalan dengan macam-macam manusia yang akan beliau temui ketika berdakwah.

Syekh Najmudin Al-Ghaithi dalam kitab Dardir Miraj-nya menuturkan kisah Nabi Muhammad SAW ketika bertemu dengan ummatnya yang bermacam-macam saat Isra Mi'raj. Saat itu Nabi Muhammad SAW sedang melakukan perjalanan dari Makkah ke Baitul Maqdis.

Baca Juga: ​Kumpulan Ucapan Isra Miraj 2023 yang Bisa Dibagikan ke Saudara, Teman, dan Kerabat

Nabi Muhammad SAW agak kaget melihat pemandangan yang begitu nyata dan jelas di pelupuk matanya. Berikut golongan-golongan umat Nabi Muhammad SAW yang disaksikan dan ditemui saat Isra dan Miraj:

1. Orang-orang yang gemar bersedekah 

Nabi Muhammad SAW melihat golongan ini sering memanen tanaman yang baru ia tanam. Setelah dipanen, tanaman tersebut tumbuh kembali. Begitupun seterusnya sehingga hasil panen mereka melimpah ruah. 

Mereka adalah orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah. Allah akan mengganti semua hal yang diinfakkan di jalan-Nya. 

Baca Juga: Kisah Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Singkat dan Lengkap

2. Orang-orang yang senantiasa berpegang teguh pada agama Allah 

Ketika itu Nabi Muhammad SAW mencium bau harum. Ternyata ketika ditanyakan kepada Jibril, bau harum tersebut berasal dari keluarga besar Masyitah yang dimasak hidup-hidup oleh Fir‘aun karena tidak mau mengakuinya sebagai Tuhan. 

3. Pemalas mengerjakan shalat fardhu 

Saat itu Nabi Muhammad SAW melihat sekelompok orang yang kepalanya pecah. Setelah kepala mereka pecah, kepala tersebut utuh kembali. 

Setelah itu, kepala mereka pecah kembali. Kemudian utuh seperti semula dan pecah lagi. Kejadian itu berlangsung berkali-kali. 

Nabi begitu iba melihatnya. Nabi kemudian menanyakan ikhwal itu kepada Jibril yang mendampinginya. 

Jibril dengan jelas mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang kepalanya berat untuk melaksanakan shalat fardhu sehingga urung menunaikannya. 

Baca Juga: 40 Twibbon Isra Miraj 2023, Bisa Dipasang Pakai Foto Anda dan Bagikan di Medsos

4. Orang-orang yang enggan bersedekah 

Setelah itu Nabi Muhammad SAW menyaksikan beberapa orang yang memakan pohon dhari‘ (pohon kering dan berduri), zaqqum (tumbuhan yang rasanya pahit) dan batu yang panas. Ketika ditanyakan kepada Jibril, orang-orang ini adalah orang yang tidak mau bersedekah. 

5. Pezina yang lebih memilih wanita lain di luar istrinya sendiri 

Kelompok orang ini digambarkan seperti orang yang menggenggam daging empuk dan daging busuk. Namun, orang-orang itu memilih memakan daging busuk dari pada daging empuk yang dibawanya. 

Orang-orang ini, menurut Jibril, adalah orang yang lebih memilih tidur dengan perempuan lain padahal ia memiliki istri yang sah. 

Baca Juga: 30 Ide Ucapan Isra Miraj 2023 Islami dalam Bahasa Indonesia, Penuh Doa dan Makna

6. Para perampok atau pembegal 

Nabi Muhammad SAW melihat golongan ini seperti kayu yang berada di tengah jalan. Saat ada orang yang melewati jalan tersebut, orang itu terbakar karena kayu itu. 

7. Pemakan harta riba 

Nabi Muhammad SAW menyaksikan perumpamaan golongan ini seperti orang yang berenang di sungai yang penuh darah. 

Baca Juga: 25 Gambar Spanduk Isra Miraj 2023 Gratis, Desain Menarik dan Terbaru

8. Rakus jabatan 

Saat itu Nabi Muhammad SAW melihat golongan orang yang memikul kayu bakar di pundaknya. Orang-orang yang termasuk golongan ini masih terus menambah kayu bakar yang dipikulnya walaupun sebenarnya mereka tidak kuat memikulnya.

Nabi Muhammad SAW melihat golongan ini seperti kayu yang berada di tengah jalan.

9. Para dai yang tidak mengamalkan ucapannya 

Para dai ini dilihat oleh Nabi Muhammad SAW seperti sekelompok orang yang lidah dan mulut mereka dipotong dengan menggunakan gunting besi. 

Setelah dipotong, mulut dan lidah mereka tumbuh seperti semula dan dipotong lagi. Kejadian itu selalu berulang. 

Ini adalah perumpamaan bagi para dai yang hanya mampu ceramah dan berorasi namun tidak mampu mengamalkan ceramahnya untuk diri sendiri. 

Baca Juga: Sejarah Singkat Peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

10. Para pengumpat 

Saat itu Nabi Muhammad SAW melihat golongan orang yang berkuku panjang dan terbuat dari tembaga. Mereka mencakar-cakar muka mereka dengan kuku tersebut. 

Menurut Jibril, mereka adalah orang-orang yang mengumpat perbuatan orang lain, namun mereka melakukan perbuatan tersebut. 

Baca Juga: 35 Twibbon Hari Jadi Kota Solo 2023 ke-278, Bagikan dan Pasang Foto Hari Ini

11. Provokator 

Ketika itu Nabi Muhammad SAW melihat sebuah lubang kecil. Tiba-tiba keluarlah seekor sapi yang besar dari lubang tersebut. Sapi itu tidak mampu kembali masuk ke lubang tersebut karena terlalu besar.

Menurut Jibril, hal itu adalah perumpamaan bagi umat Nabi Muhammad yang melakukan provokasi sehingga menimbulkan masalah yang besar. Saat tersadar akan ulahnya, ia tidak mampu menyelesaikan masalah besar tersebut.

Demikian 11 golongan umat Nabi Muhammad SAW yang beliau temui saat perjalanan Isra Miraj. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru