Saat Menteri Pariwisata Arief Yahya diarak di Garut

Kamis, 22 Februari 2018 | 23:41 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Saat Menteri Pariwisata Arief Yahya diarak di Garut

Menteri Pariwisata Arief Yahya diarak di Gebyar Pesona Budaya Garut


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Pemandangan menarik terlihat di rangkaian acara Gebyar Pesona Budaya Garut 2018. Bertempat di SMAN 1 Garut, Jawa Barat, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya diarak dengan menggunakan Delman menuju acara puncak di Lapangan GOR Bela Diri, Garut, 22 Februari 2017.

"Ini sudah 10 tahun saya baru naik Delman kembali, ini salah satu ciri khas, dan harus dilestarikan untuk pariwisata," ujar Menpar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Kamis (22/2).

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Garut Budi Gan Gan Gumilar memang sengaja menyiapkan Delman dalam menyambut Menpar dan petinggi yang hadir. Karena menurut Budi, Delman masih jadi alat transportasi yang masih ada di Garut.

Budi juga menceritakan bahwa ada lagi yang menarik yakni delman domba (Deldom). Berbeda dengan kereta kuda, kusir deldom tidak ikut duduk di keretanya. Kusir harus berjalan kaki sambil memegang tali kendali domba agar kereta berjalan sesuai keinginan.

Delman domba yang merupakan kendaraan khas Garut ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Sebagai transportasi khas Garut, hal ini diyakini Budi mampu menarik wisatawan berkunjung ke Garut. Dengan begitu, target wisman sebanyak 17 juta bisa tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru