Catat, jadwal gerhana matahari total selanjutnya!

Rabu, 09 Maret 2016 | 15:59 WIB Sumber: TribunNews.com
Catat, jadwal gerhana matahari total selanjutnya!


JAKARTA. Dua belas provinsi di Tanah Air sudah disambangi Gerhana Matahari Total (GMT) pada Rabu pagi (9/3). Bahkan, di Jakarta terjadi GMT meski hanya parsial alias sebagian. Semua orang bersuka ria memandangi fenomena alam ini.

Lalu, kapan fenomena gerhana matahari total bakal terjadi lagi? Mengutip timeanddate.com, berikut jadwal terdekatnya.

1. Pada 21 Agustus 2017
Gerhana matahari total akan terjadi di Eropa Barat, Asia Utara/Timur, Afrika Utara/Barat, Amerika Utara, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Arktik. Gerhana iniĀ  bisa dinikmati mulai dari bagian paling timur hingga barat Amerika. Fenomena gerhana yang bisa dilihat oleh seluruh rakyat Amerika ini sebelumnya terjadi tahun 1918.

2. Pada 2 Juli 2019
Gerhana matahari total akan terjadi di Amerika Utara, sebagian besar Amerika Selatan, dan Pasifik. Gerhana ini sebagian besar akan terjadi di Lautan Pasifik. Jadi, gerhana ini pastinya tak bisa dinikmati oleh masyarakat umum sebab harus disaksikan melalui kapal.

3. Pada 14 Desember 2020
Gerhana matahari total akan terjadi di Afrika Selatan, sebagian besar Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Laut India, dan Antartika. Bagian klimaks dari gerhana total ini tak bisa disaksikan di daratan. Jadi, jangan kecewa jika Anda hanya bisa melihat maksimal 90% bagian matahari yang tertutupi bulan.

4. Pada 4 Desember 2021
Gerhana ini bisa dilihat dari Australia Selatan, Afrika Selatan, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Laut India, dan Antartika. Gerhana ini diperkirakan hanya bisa dilihat oleh mereka yang berada di belahan bumi bagian selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru