kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Sambut lebaran, empat daerah di Indonesia ini punya tradisi belanja


Senin, 03 Juni 2019 / 14:25 WIB

Sambut lebaran, empat daerah di Indonesia ini punya tradisi belanja

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menyambut lebaran banyak tradisi yang dilakukan masyarakat di Indonesia. Mulai dari mudik lebaran, membuat camilan kue kering, upacara adat atau bahkan tradisi belanja.

Berikut empat daerah di Indonesia yang punya tradisi belanja untuk menyambut lebaran:


1. Meugang, Aceh

Aceh termasuk salah satu daerah di Indonesia yang menyambut lebaran dengan tradisi belanja. Masyarakat Aceh biasanya akan berbelanja daging sapi menjelang hari perayaan keagamaan, seperti Lebaran.

Karena di Aceh terdapat tradisi meugang atau makmeugang adalah kegiatan masak beragam makanan berbahan dasar daging sapi. Tidak hanya dikonsumsi sendiri, biasanya kegiatan memasak dengan bahan dasar daging sapi ini juga dibagikan ke tetangga sekitar.

Maka tidak heran, saat menjelang lebaran banyak masyarakat Aceh belanja daging sapi di pasar. Konon mereka lebih suka sapi lokal, karena memiliki kualitas bagus.

Sehingga tidak heran apabila harga daging sapi di sana cukup tinggi selama meugang berlangsung. Namun hal tersebut bukanlah halangan, mereka tetap melakukan kebiasaan tersebut.

2. Prepegan, Brebes

Tradisi belanja lebaran di Indonesia berikutnya juga di beberapa kawasan Jawa Tengah, contohnya Brebes. Di sana ada tradisi belanja lebaran yang disebut prepegan.

Prepegan merupakan pergi ke pasar untuk belanja kebutuhan lebaran. Terdapat prepegan kecil dan besar.

Kalau prepegan kecil dilakukan sekitar dua hari sebelum lebaran. Orang-orang akan pergi ke pasar untuk membeli beberapa kebutuhan dasar biasanya berupa bahan makanan atau bunga untuk ziarah ke makam.

Sedangkan prepegan besar membutuhkan biaya yang lebih besar karena mereka akan membeli perlengkapan pakaian dari ujung kepala sampai kaki. Ini biasanya dilakukan satu hari sebelum lebaran.

3. Petolekoran, Probolinggo

Selanjutnya ada petolekoran yang dilakukan oleh penduduk Pulau Gili Ketapang, Probolinggo. Mulai dari pagi hari, mereka meninggalkan pulau ramai-ramai naik kapal penumpang.

Orang Gili Ketapang tersebut belanja kebutuhan lebaran di toko maupun pasar pusat Kota Probolinggo. Istilah petolekoran sendiri merupakan Bahasa Madura, yang berarti rutin setiap tanggal ke-27 di Bulan Ramadan.

Sebab pada saat itulah, mereka melakukan tradisi belanja lebaran yang sebutannya cukup populer di Indonesia.

4. Pumpun, Sulawesi Utara

Pumpun atau ba pumpun adalah tradisi belanja lebaran yang dilakukan oleh penduduk di Sulawesi Utara. Misalnya saja warga Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Raya, yang berbondong-bondong ‘menyerbu’ pusat perbelanjaan di Manado.

Mereka rela datang ke sana demi mendapatkan pakaian lebaran yang lebih berkualitas dan bermerk. Pumpun biasanya dilakukan mulai sepuluh hari sampai dua hari sebelum lebaran. (Ratna Widyawati)

Atikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul Sambut Lebaran, 4 Daerah di Indonesia Ini Punya Tradisi Belanja.
 


Sumber : TribunNews.com
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan

Tag
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.9877 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 1.1079

Close [X]
×