HOME

Saran buat pengguna Android, hapus 17 aplikasi ini

Kamis, 16 Januari 2020 | 23:51 WIB   Reporter: kompas.com
Saran buat pengguna Android, hapus 17 aplikasi ini

ILUSTRASI. Aplikasi Google Play untuk Android.

KONTAN.CO.ID - Google Play Store menjadi platform yang sangat populer bagi pengguna Android. Toko aplikasi Android ini menyediakan beragam aplikasi dan gim bagi para penggunanya.

Tapi, tim peneliti dari perusahaan cyber security, Bitdefender merilis daftar 17 aplikasi yang menggunakan beberapa trik, untuk menampilkan iklan yang tidak pengguna inginkan.

Bitdefender pun menyarankan untuk menghapus aplikasi-aplikasi itu dari ponsel. Total jumlah download dari ke-17 aplikasi tersebut mencapai 500.000 unduhan.

Baca Juga: Ini enam aplikasi prakiraan cuaca paling direkomendasikan

Menurut Bitdefender, ke-17 aplikasi itu menggunakan taktik seperti menampilkan iklan secara acak dan menyebarkan kode mereka di beberapa file.

Meski sering mendapatkan laporan, Google dianggap belum mampu meningkatkan keamanan Play Store dari pengembang-pengembang yang berlaku curang.

Iklan yang muncul memang tidak berbahaya, namun taktik ini pengembang aplikasi tersebut lakukan menyerupai cara kerja malware.

Baca Juga: Tinder, Neflix dan Tencent jadi jawara aplikasi penghasil pendapatan tertinggi

"Mereka menunggu 48 jam sebelum menyembunyikan kehadiran mereka di perangkat, membagi kode-kode aplikasi ke berbagai file, dan menunda diri utnuk menampilkan iklan hingga empat jam setelah aplikasi diisntall," tulis Bitdefender.

Tak hanya itu, laporan Bitdefender juga mencakup sejumlah keluhan dari pengguna di Google Play Store setelah mencoba meng-install beberapa aplikasi tersebut, pengguna mengklaim jika baterai mereka terkuras secara tiba-tiba.

Itulah yang membuat Bitdefender menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi yang memberi efek buruk bagi perangkat. Berikut daftar 17 aplikasi tersebut:

Editor: S.S. Kurniawan

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru