Satu fungsi navigasi, beragam manfaat

Selasa, 07 Februari 2012 | 11:38 WIB Sumber: Harian KONTAN, 6 Februari 2012
Satu fungsi navigasi, beragam manfaat


Pertanyaan yang jamak diungkap mereka yang ingin membeli perangkat GPS adalah apakah ada biaya tiap bulan? Lantaran fungsi dan jenisnya beragam, penggunaan GPS ada yang berbayar, ada punya yang gratis. Pada prinsipnya, untuk menangkap sinyal satelit tidak ada biaya.

Tapi, untuk mendapatkan peta, ada yang gratis, ada yang berbayar. Fungsi pelacak (tracker) juga butuh biaya, khususnya berlangganan koneksi telekomunikasi.

Secara sederhana, perangkat GPS adalah alat untuk menangkap (receiver) sinyal satelit yang diterjemahkan dalam angka-angka koordinat tertentu. Koordinat itu semakin mudah dibaca lantaran ada peta (map) yang sudah disesuaikan dengan lokasi/ posisi koordinat.

Secara fungsi, ada beberapa jenis GPS. Pertama, GPS Navigasi atau GPS mobil. Fungsi alat ini menentukan posisi, luasan, mencari letak suatu koordinat, dan menunjukkan arah jalan. Anda tinggal menentukan tujuan yang dituju, alat ini akan memandu dari lokasi awal Anda. Menggunakan alat ini tidak ada biaya bulanan alias gratis.

Kedua, GPS Tracker atau jenis alat navigasi yang dilengkapi sistem komunikasi dua arah. Ada dua device yang fungsinya bisa mengirim dan menerima informasi, sehingga bisa ditentukan koordinat lokasi.

Kebanyakan, komunikasi dilakukan melalui jaringan global system for mobile communications (GSM), meskipun bisa juga lewat, frekuensi radio UHF atau VHF, maupun internet. Penggunanya adalah jasa sewa mobil, taksi, dan jasa lain yang membutuhkan pantauan lebih.

Ketiga, GPS Fishfinder atau sering juga disebut GPS Sounder. Alat ini dilengkapi dengan tranducher yang bisa dipakai menentukan kedalaman air.

Biasanya, dilengkapi juga sensor untuk menentukan lokasi ikan. GPS jenis ini biasa digunakan oleh nelayan modern, pehobi memancing, atau peneliti hidrografi.

Keempat, GPS Geodetic. GPS ini sebenarnya mirip dengan GPS navigasi. Hanya saja, kemampuannya lebih kuat dan detail, bahkan sampai satuan milimeter. Berbeda dengan GPS navigasi, GPS jenis ini berfungsi memperoleh data dengan ketelitian tinggi. Perangkatnya terdiri dari dua bagian, yaitu GPS Geodetic sebagai base station dan GPS Geodetik sebagai rover. Penggunanya para pelaku di industri tambang dan pemetaan.

Pemilik PT Otomasi Groups, Dea Gunaris, bilang, apapun alat GPSnya, pilih saja yang andal, ada ketersediaan dan pembaruan peta, firmware selalu terkini, dan baterai tidak boros. "Minta garansi yang tepercaya, baik spare part maupun aksesorinya," imbuh Gunaris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru