Sport

Satu pemain sepak bola di Italia positif terjangkit virus corona

Jumat, 28 Februari 2020 | 09:43 WIB   Reporter: Handoyo
Satu pemain sepak bola di Italia positif terjangkit virus corona

ILUSTRASI. Efek virus Corona yang merambah sepak bola Italia.REUTERS/Daniele Mascolo TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Efek virus Corona yang merambah sepak bola Italia memakan korban pertama dari kalangan pemain di kompetisi Negeri Piza. Kamis (27/2), beredar laporan seorang pemain dari klub Pianese, anggota Serie C alias divisi 3 Liga Italia, positif terjangkit virus Corona atau COVID-19.

Dikutip BolaSport.com dari Marca, ini adalah kasus pertama yang menimpa pesepak bola sejak virus merebak dimulai dari China. Pemain bersangkutan yang tidak disebutkan namanya tersebut dilanda gejala flu pada akhir pekan lalu dan tidak diperkenankan dulu berlatih di lapangan.

Baca Juga: Jumlah warga Korea Selatan yang terjangkit virus corona menjadi 2.022 orang

La Nazione mewartakan, dokter tim melakukan tes kesehatan pada tengah malam dan beberapa jam kemudian tersebar berita di klub bahwa sang pemain positif terkena virus. Ia langsung dilarikan dengan ambulans ke Departemen Penyakit Menular Scotte di Siena. Sebagai tindak pencegahan penularan, klub membatalkan sesi latihan dan menunggu arahan dari Institusi Kesehatan Italia.

Kasus lain menimpa eks pelatih Palermo, Chievo, dan Watford, Giuseppe Sannino. Pelatih berkepala gundul itu dibebastugaskan sementara sebagai pelatih klub Hungaria, Budapest Honved, di tengah kekhawatiran penyebaran virus dari negaranya. Sannino baru pulang dari Italia tengah pekan ini.

Pihak Honved cemas kondisi lingkungan yang rawan epidemi di Negeri Piza menjadikan Sannino sebagai media penularan virus. "Klub, yang mendengar kabar buruk dari negara kami, mengambil keputusan itu sebagai tindak pencegahan," katanya.

Baca Juga: Wah, kasus virus corona di daratan China melorot ke level terendah sejak Januari

"Saya baik-baik saja. Saat saya keluar dari pesawat, mereka (petugas) sudah memeriksa demam saya," ucap Sannino, yang bersikap kalem menyikapi situasi ini.

Tugas kepelatihan di Honved kini dijalankan pelatih tim cadangan, Istvan Pisont. Sannino sendiri dijadwalkan menjalani tes tambahan guna menghindari kondisi terburuk. "Penggantian Giuseppe Sannino perlu dilakukan karena mereka bisa jadi melakukan kontak dengan orang-orang yang tinggal di area terdampak virus Corona," tulis pernyataan klub Honved.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Efek Virus Corona di Italia, 1 Pemain Positif Terjangkit, 1 Pelatih Dibebastugaskan"


Editor: Handoyo .


Terbaru