SBY dan JK akan menerima Adam Malik Awards

Kamis, 07 September 2017 | 14:18 WIB Sumber: Kompas.com
SBY dan JK akan menerima Adam Malik Awards


PENGHARGAAN - Antarini Malik, putri Wakil Presiden ketiga RI Adam Malik mengunjungi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Kamis (7/9).

Antarini mengatakan bahwa pihaknya The Adam Malik Center akan mengadakan peringatan "100 tahun Adam Malik" yang direncanakan digelar November-Desember 2017, bertempat di gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI.

Dalam peringatan itu, putra-putri terbaik Indonesia akan diberikan penghargaan, salah satunya adalah Jusuf Kalla.

"Adam Malik Awards kepada Wapres Jusuf Kalla sebagai bapak rekonsiliasi nasional yang telah memberikan perdamaian antara NKRI dan GAM," kata Antarini.

"Pak Jusuf Kalla insya Allah bersedia walaupun beliau sibuk sekali dan banyak acara ke luar negeri tahun-tahun ini. Nanti kami berkoordinasi lagi dengan staf beliau," lanjutnya.

Attarini menegaskan, bahwa acara Adam Malik Awards yang digagas pihaknya tersebut akan sangat berbeda dengan Adam Malik Awards yang digelar setiap tahunnya oleh Kemenlu RI.

"Kalau Kemlu setiap tahun ke wartawan. Kalau kami kepada putra-putri terbaik. Adam Malik Awards ini setiap 8 atau 10 tahun. Jadi enggak sembaranganlah kita memberikan, ada tim penilai," katanya.

Selain Kalla, tokoh lain yang akan mendapatkan penghargaan yang sama adalah Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan juga beberapa tokoh nasional lainnya.

"Orang-orang yang telah berjasa dari pihak Indonesia dan GAM, dari Indonesia seperti pak Hamid Awaludin sebagai juru runding, Jenderal Widodo AS, Jenderal Endriartono Sutarto," kata dia.

"Dari pihak GAM juga ada Malik Mahmud dan lain-lain yang telah memenuhi kriteria, sesuai visi-misi, cita-cita Adam Malik yang ingin memberikan perdamaian, keamanan, stabilitas kepada dunia juga," tambahnya.

Attarini berharap, melalui penghargaan itu pihaknya berharap para generasi muda lebih produktif berkarya dan meneruskan perjuangan Adam Malik menjaga perdamaian dunia.

"Jangan kita menggunakan militerisme, tapi diplomasi. Bapak kan juga menteri luar negeri selama tiga periode. Ia selalu menggunakan diplomasi untuk dialog dengan negara-negara yang berkonflik," tutup Attarini. (Moh. Nadlir)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com, berjudul: SBY-JK Akan Terima Adam Malik Awards 2017

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru