SeaBank Dorong Pemerataan Literasi Keuangan Bagi Perempuan UMKM

Jumat, 01 Agustus 2025 | 07:30 WIB   Reporter: Tim KONTAN
SeaBank Dorong Pemerataan Literasi Keuangan Bagi Perempuan UMKM

ILUSTRASI. Kontan. SeaBank menggelar acara SeaBank Bijak untuk mendukung pemerataan literasi keuangan di Gedung PLUT Surakarta, Jawa Tengah. (Dok.Istimewa)

KONTAN.CO.ID - Sebagai upaya mendorong pemerataan literasi keuangan, SeaBank menggelar edukasi finansial bertajuk SeaBank Bijak di Surakarta, Jawa Tengah.

Kegiatan ini diadakan di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Surakarta dan diikuti oleh 76 pelaku UMKM perempuan binaan dari Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Surakarta.

Berdasarkan laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Mei 2025 indeks literasi keuangan Indonesia mencapai 66,46%. Artinya, masih ada lebih dari 30% masyarakat Indonesia yang belum menerima informasi mengenai literasi keuangan.

Hal ini menggerakkan SeaBank menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi finansial, di antaranya SeaBank Bijak. SeaBank Bijak di Surakarta merupakan kegiatan SeaBank Bijak kedua yang digelar pada tahun ini, setelah pertama kali dilaksanakan pada Semester I 2025.

Dalam acara kali ini, SeaBank berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Surakarta, melalui PLUT Surakarta dan KPw Bank Indonesia (BI) Solo. Kolaborasi tersebut menghadirkan seminar literasi keuangan yang diharapkan mampu membantu para peserta memiliki keputusan dan pengelolaan keuangan lebih baik.

Di sesi edukasi, SeaBank membagikan informasi mengenai jenis layanan keuangan beserta manfaat dan risikonya, produk dan layanan digital perbankan, perpajakan, hingga cara mengatur keuangan yang sehat. Materi ini disusun berdasarkan arahan OJK agar peserta dapat memahami dasar-dasar keuangan secara komprehensif.

Direktur Utama SeaBank Indonesia, Sasmaya Tuhuleley, menegaskan bahwa SeaBank sangat memperhatikan dan mendorong pemerataan literasi keuangan di Indonesia dengan menghadirkan kembali SeaBank Bijak setiap tahun. Sebelumnya, SeaBank Bijak pertama digelar di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3, Jakarta, bagi para generasi muda.

“Kali ini SeaBank Bijak hadir kembali dengan memilih kota besar lainnya yang menjadi sasaran kami, yaitu Surakarta, Jawa Tengah. Fokus kali ini adalah para perempuan yang berperan sebagai pelaku atau pemilik UMKM,” ujar Sasmaya.

Wahyu Kristina selaku Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Surakarta, menyambut baik terselenggaranya kegiatan literasi keuangan ini sebagai langkah nyata dalam membangun masyarakat yang melek finansial dan siap menghadapi era ekonomi digital. Selain itu, Wahyu juga menyampaikan apresiasi atas bantuan SeaBank melalui program CSR berupa instalasi perangkat dan peningkatan jaringan internet di PLUT Surakarta.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi agenda seremonial, melainkan juga memberikan manfaat nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM. Bantuan dari SeaBank juga tidak hanya menjadi bentuk kepedulian terhadap penguatan ekosistem UMKM, tetapi juga merupakan dukungan nyata dalam mendorong digitalisasi layanan pendampingan usaha di Kota Surakarta,” tutur Wahyu.

Antusiasme Besar, Bukti Pentingnya Edukasi Keuangan bagi Perempuan

Kontan. Produk seperti batik dan aksesoris dari sejumlah pengusaha UMKM di wilayah Surakarta dan sekitarnya. (Dok.Istimewa)

Selama acara, para peserta antusias bertanya kepada para pemberi materi. Salah satu peserta, Andita Saraswati, mengungkapkan bahwa kini ia memiliki pemahaman mendalam mengenai rekening bank, serta mengelola modal dan pemasukan dalam menjalankan usaha. Sebelumnya, ia hanya menggunakan buku kas untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran toko secara manual.

“Melalui kegiatan literasi ini, saya merasa lebih siap untuk membuka akun bank untuk kebutuhan toko di SeaBank, lalu menyediakan metode pembayaran secara digital. Dengan begitu, saya dapat lebih mudah mengatur keuangan dengan bantuan rumus budgeting dari SeaBank,” kata Andita.

Program ini merupakan bagian dari komitmen SeaBank dalam meningkatkan pemahaman literasi keuangan masyarakat, khususnya kaum perempuan dan pelaku UMKM. Ke depan, SeaBank akan menyasar berbagai segmen termasuk 10 segmen prioritas OJK. SeaBank yakin dengan meratanya tingkat literasi dan inklusi keuangan, kondisi perekonomian masyarakat dapat menjadi lebih aman dan sehat.

Perluas Digitalisasi, SeaBank Bantu Renovasi Jaringan Internet

Kontan. SeaBank melalui kegiatan CSR berupa renovasi dukungan perluasan jaringan internet (Wi-Fi) di gedung PLUT Surakarta. (Dok.Istimewa)

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), SeaBank memberikan bantuan renovasi untuk mendukung perluasan jaringan internet (Wi-Fi) di gedung PLUT Surakarta. Langkah ini dilakukan untuk menambah kenyamanan pelaku UMKM menjalankan usahanya secara digital.

Bantuan yang diberikan SeaBank mencakup pemasangan Wi-Fi di lantai 1 dan 2 gedung, serta alat dan langganan internet selama dua tahun. Renovasi ini diharapkan dapat memperluas jangkauan jaringan internet untuk keseluruhan aktivitas di gedung PLUT Surakarta tanpa terkecuali demi menunjang kegiatan UMKM secara optimal.

"Kami ingin kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat dalam bentuk literasi keuangan, tetapi juga memberikan dampak sosial yang lebih luas. Melalui CSR pemasangan Wi-Fi ini, kami berharap para peserta dapat menjalankan kegiatan usahanya dengan lebih tenang dan nyaman, serta semakin mengembangkan diri menuju digitalisasi," tambah Sasmaya.

Selanjutnya: Laba Indofood (INDF) Melonjak 51% Jadi Rp 5,84 Triliun di Semester I-2025

Menarik Dibaca: Waspadai 5 Modus Penipuan Digital! Ini yang Paling Sering Terjadi Juli 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal
Terbaru