Sebanyak 23 racikan kopi asal Indonesia menyabet penghargaan di Prancis

Minggu, 28 Oktober 2018 | 23:06 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Sebanyak 23 racikan kopi asal Indonesia menyabet penghargaan di Prancis

ILUSTRASI. Biji kopi


KOPI - JAKARTA. Semerbak wangi kopi racikan asal Indonesia tercium di ruang pameran SIAL Agrofood Paris, Prancis. Di ruangan tersebut merupakan tempat kompetisi yang diselenggarakan oleh AVPA Gourmet Product yang diikuti lebih dari 170 produsen kopi dari seluruh dunia. Di antaranya dari Brasil, Kamerun, Kolombia, Kongo, Amerika Serikat (Hawaii), Gabon, El Salvador, Honduras, Indonesia, Kenya, Laos, Meksiko, Peru, Puerto Rico, Tanzania, Togo dan sebagainya.

Dan tak cuma wangi kopi, para wakil Indonesia juga sukses mengharumkan nama bangsa. Di antara 170 produsen tersebut, 11 produsen yang mewakili 23 kopi Indonesia telah berhasil memenangkan penghargaan bergengsi ini. AVPA atau Agency for the Valorization of the Agricultural Products adalah organisasi Prancis yang bertujuan membantu para produsen produk pertanian dari seluruh dunia, untuk memasarkan produk mereka di pasar Eropa.

Setiap tahun AVPA mengadakan kompetisi bertajuk Coffee Roasted in Their Country of Origin. Tujuannya  membantu pemasaran roasted coffee negara produsen di Eropa.
SIAL Agrofood merupakan salah satu pameran Agrofood terbesar di dunia. Philippe Juglar, Presiden AVPA memberikan penghargaan ke Deputi Chief of Mission KBRI Paris Agung Kurniadi dan kepada Annelis Putri, Country Manager AVPA untuk Indonesia, karena produsen asal Indonesia tidak dapat hadir.

Annelis menjelaskan, agar mengembangkan kopi Indonesia di Eropa, produsen dan roastery di Indonesia harus lebih kompak lagi menunjukkan kopi Indonesia di Eropa,
sehingga tidak kalah dengan negara-negara Amerika latin dan Amerika Tengah. "Kebanyakan partisipan sangat kaget melihat daftar pemenang Indonesia yang jumlahnya lumayan banyak. Mungkin karena kopi Indonesia jarang ikut kompetisi di Eropa," kata Annelis, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (25/10) Di ajang tersebut. Indonesia  merupakan negara kedua yang mendapatkan penghargaan terbanyak setelah Kolombia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru