Sebanyak 64% Generasi Milenial dan Gen Z Tingkatkan Anggaran Liburan di Tahun 2024

Sabtu, 27 Januari 2024 | 11:18 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Sebanyak 64% Generasi Milenial dan Gen Z Tingkatkan Anggaran Liburan di Tahun 2024

ILUSTRASI. Wisatawan mancanegara (wisman) berwisata mengunjungi kawasan Pantai Batu Bolong di Badung, Bali, Senin (8/1/2024). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 9,5 juta -14,3 juta kunjungan wisman ke Indonesia sepanjang tahun 2024. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/Spt.


ANGGARAN LIBURAN - JAKARTA.  Hampir setiap 9 dari 10 dari wisatawan berniat melakukan liburan bersama orang yang mereka cintai. Riset Travel Pulse terbaru dari Klook juga mengungkapkan bahwa 3 dari 5 wisatawan akan berbelanja secara royal pada liburan di tahun 2024. Langkah ini mendedikasikan hingga setengah anggaran mereka untuk pengalaman dan aktivitas meskipun biaya meningkat akibat inflasi global.

Bagi generasi milenial dan Gen Z, traveling merupakan lebih dari sekadar liburan. COO dan Co-Founder Klook, Eric Gnock Fah mengamati, tren liburan ini mencerminkan dunia pasca pandemi. Isolasi akibat pandemi dan peningkatan digitalisasi kehidupan telah membuat orang mendambakan koneksi.

“Saat kita melewati masa pandemi dan memasuki era liburan, kami mengamati ada perubahan transformatif dalam dinamika liburan. Liburan telah menjadi sarana penting yang menawarkan individu kesempatan untuk terhubung secara tulus dengan diri mereka sendiri, orang yang mereka cintai, dan dunia di sekitar mereka,” terang Eric, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumatm (26/1).

Sebanyak  64% generasi milenial dan Gen Z akan meningkatkan anggaran liburan mereka pada tahun 2024. Dan hampir separuh dari mereka bersedia mengeluarkan hingga 50% atau lebih untuk liburan mereka. Fokus wisatawan tetap tertuju pada pengalaman yang menjanjikan hubungan bermakna dengan rekan mereka. Sebanyak 69% dari mereka memesan aktivitas sebelum mengambil penerbangan.

Baca Juga: Libur Nataru ke Luar Negeri, Simak Tips dan Biaya Tarik Tunai ATM di Sejumlah Negara

Sebanyak 9 dari 10 wisatawan Asia Pasifik ingin melakukan liburan bersama orang lain, baik dengan keluarga, pasangan, atau teman dekat. Lalu 30% memilih liburan bersama pasangan (1 dari 3), sementara 26% lebih memilih liburan keluarga (1 dari 4), dan 21% memilih berpetualang bersama teman (1 dari 5). Milenial juga cenderung melakukan liburan bersama pasangan, sementara Gen Z memprioritaskan liburan bersama teman.

Media sosial merupakan bagian integral dalam berbagi pengalaman, mendorong faktor kemampuan berbagi dan niat berliburan Bagi sebagian besar wisatawan (96%), postingan tentang perjalanan mereka di platform media sosial lebih dari sekadar dokumentasi—tetapi untuk dibagikan kepada orang lain. 

Media sosial terus menjadi sumber utama inspirasi perjalanan.  Instagram (77%) dan YouTube (77%) memimpin sebagai sumber utama keinginan untuk berkelana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru