Sebastian Ogier dan Toyota menjadi juara WRC 2021

Minggu, 21 November 2021 | 21:07 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Sebastian Ogier dan Toyota menjadi juara WRC 2021

Sebastian Ogier dan Julien Ingrassia asal Prancis dengan tim Toyota menjuarai ajang WRC 2021.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah takluk dari tim Hyundai tahun lalu, Tim Toyota atau lengkapnya Toyota Gazoo  Racing WRT akhirnya bisa kembali merebut gelar konstruktor di FIA World Rally Championship (WRC) 2021.

Dilansir situs WRC, kepastian itu didapat setelah dua pembalap utamanya yakni Sebastian  Ogier serta co driver Julien Ingrasia dari Prancis dan Elfyn Evans bersama co driver Scott Martin dari Inggris berhasil meraih podium 1 dan 2 di seri pamungkas World Rally Championship (WRC) yakni WRC Forum8 ACI Rally Monza yang berlangsung mulai 18 November hingga 21 November 2021 di Monza, Italia.

Hasil tersebut membuat Sebastian Ogier mengakhiri masa manisnya di World Rally Championship  (WRC) dengan menjuarai ajang rally bergengsi tersebut sebanyak delapan kali sebelum pensiun. Sedangkan Elfyn Evans, yang sejak ajang WRC 2021 dimulai selalu membuntuti Ogier ditempat kedua dalam perolehan angka.

Malah, dalam seri rally di Monza yang terdiri dari 16 sesi, kedua pembalap saling terus bersaing ketat. Ketertinggalan Evans dibelakang Ogier pun hanya terpaut beberapa detik saja. Hingga akhirnya di sesi terakhir, Ogier dengan mantap mengakhiri Rally Monza sebagai yang tercepat.

DIbelakangnya adalah Evans yang hanya terpaut 7,3 detik saja.

Sedangkan di urutan ketiga disabet oleh salah satu pembalap andalan  Tim Hyundai Shell Mobis World Rally Team yakni Dani Sordo dari Spanyol. Dan urutan keempat juga direbut oleh Tim Hyundai Shell Mobis yaitu sang pembalap andalannya, Thierry Neuville asal Jerman.

Asal tahu saja, Tim Toyota Gazoo Racing WRT ikut di ajang World Rally Championship (WRC) dalam beberapa tahun terakhir ini dengan memakai mobil yang hingga kini menjadia perhatian pecinta otomotif yakni Yaris GR. Sedangkan tim Hyundai Shell Mobis dengan Hyundai i20.

 

Juara Pembalap World Rally Championship 2021

1.Sebastian Ogier (Prancis-Toyota)  230 poin

2.Elfyn Evans (Inggris-Toyota) 207 poin

3.Thierry Nueville (Jerman-Hyundai) 176 poim

4.Kalle Rovanpera (Finlandia-Toyota) 142 poin

5.Ott Tanak (Estonia-Hyundai) 128 poin

6.Dani Sordo (Spanyol-Hyundai) 81 poim

7.Takamoto Katsuta (Jepang-Toyota) 78 poin

8.Craig Breen (Irlandia-Hyundai) 76 poin

 

Juara Konstruktor World Rally Championship 2021

1.Toyota Gazoo Racing WRT 522 poin

2.Hyundai Shell Mobis World Rally Team 463 poin

3.M Sport Ford World Rally Team 200 poin

4.Hyundai 2C Competition 68 poin

 

 

 

Selanjutnya: Tak puas dengan kenaikan upah minimum, buruh akan lakukan aksi ini

Editor: Markus Sumartomjon
Terbaru