Tokoh

Sebelum demam sepeda, Presiden Jokowi sudah lebih dulu mengawalinya

Jumat, 17 Juli 2020 | 16:48 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Sebelum demam sepeda, Presiden Jokowi sudah lebih dulu mengawalinya

ILUSTRASI. Presiden Jokowi mulai membagikan hadiah sepeda sejak awal menjabat sebagai Presiden RI tahun 2014

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Demam olahraga sepeda melanda Tanah Air. Presiden Jokowi pun ikut meramaikan tren sepeda dengan memesan dua sepeda "Brompton" buatan Bandung, yakni Kreuz. Namun sebelum tren sepeda, sebenarnya Presiden Jokowi sudah lebih dahulu menggalakkan olahraga sepeda.

Sejak awal menjabat sebagai Presiden RI, Presiden Jokowi sering membagikan hadiah sepeda saat kunjungan kerja, peresmian acara dll. Bagi-bagi hadiah sepeda sempat terhenti saat kampanye Pilpres 2019 karena khawatir dianggap mempengaruhi calon pemilih. Kini setelah Jokowi menjabat lagi, program bagi-bagi hadiah sepeda kembali berlanjut.

Baca juga: Ingin beli Brompton, kenali dulu varian sepeda Brompton berikut ini

Nah, program bagi-bagi hadiah sepeda oleh Presiden Jokowi dimulai pasca ia dilantik pada 20 Oktober 2014. Presiden Jokowi kerap membagi-bagikan hadiah sepeda kepada siapa saja yang ditemuinya hingga seluruh pelosok Nusantara.

Program bagi-bagi hadiah sepeda biasanya melalui mekanisme tanya jawab atau kuis "live" di atas panggung. Biasanya, sepeda yang dibagikan Jokowi adalah sepeda gunung merek Polygon yang bisa ditemui di toko sepeda.

Meski demikian, ada keistimewan hadiah sepeda itu. Sepeda hadiah itu ditempeli stiker bertuliskan "Hadiah Presiden Jokowi".

Dikutip dari Kompas.com, pembagian hadiah sepeda oleh Presiden Jokowi terjadi pada 29 November 2014 atau sekitar sebulan setelah dilantik sebagai Presiden RI. Presiden Jokowi membagi-bagikan hadiah sepeda kepada warga setempat di acara peringatan Hari Menanam Nasional di Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Saat itu, Jokowi memanggil beberapa petani untuk naik ke panggung dan memberi sejumlah pertanyaan. "Asmane sinten Pak?" tanya Jokowi kepada warga Tempursari. "Sutino, Pak," kata warga tersebut.

Baca juga: Jokowi juga kepincut sepeda Brompton dari Bandung, ini buktinya

Jokowi langsung memberi pertanyaan tentang tanaman milik Sutino. "Coba Pak sebutkan lima nama pohon yang bisa ditanam di desa ini. Kalau Bapak bisa jawab nanti bisa bawa pulang satu sepeda," tanya Jokowi lagi. Sutino akhirnya bisa menjawab pertanyaan yang diberikan Presiden dan membawa pulang sepeda. Saat itu, ada 5 warga Tempursari yang mendapatkan sepeda dari Presiden.

Kini, Presiden Jokowi tengah menanti sepeda pesanannya di Kreuz Bandung. Presiden Jokowi memesan dua sepeda lipat yang akan dipakai untuk diri sendiri dan Ibu Negara, Iriana Jokowi. Kreuz adalah produsen sepeda hand made dari Bandung yang mampu menghasilkan sepeda lipat tiga seperti Brompton. 

 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru