Seberapa Pentingkah Dana Pendidikan untuk Anak?

Jumat, 02 Februari 2024 | 15:50 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Seberapa Pentingkah Dana Pendidikan untuk Anak?


Dana Pendidikan - Dana pendidikan adalah salah satu cara untuk menjamin masa depan anak. Pasalnya, memastikan masa depan buah hati adalah salah satu life goal yang dimiliki oleh orang tua.

Salah satu cara untuk mempersiapkan mereka di masa depan adalah dengan memberikan pendidikan yang terbaik untuk mereka. Apalagi semakin ke depannya biaya pendidikan semakin tinggi. 

Hal ini membuat para orang tua harus paham betul bagaimana mempersiapkan dana tersebut dengan pengelolaan biaya yang tepat. Terutama bagi para orang tua yang mempunyai rencana menyekolahkan anak di luar negeri.

Baca Juga: Beri Pinjaman Pendidikan Jangka Pendek, OJK Terus Pantau Danacita

Namun keinginan tersebut perlu diimbangi oleh persiapan dana keuangan yang tidak sedikit jumlahnya dari jauh-jauh hari, supaya jangan sampai terjadi ketidakcukupan dana yang dapat mengganggu keuangan keluarga di masa depan. 

Sejalan dengan hasil Financial Fitness Index Bank OCBC NISP 2022 menjelaskan bahwa 46% masyarakat Indonesia menabung secara rutin minimum 20% dari pendapatan. Artinya, masyarakat Indonesia sudah mengetahui pentingnya untuk menabung. 

Namun,  apakah penerapan serta pengelolaan sudah tepat dan seberapa penting merencanakan dana pendidikan anak dari awal? 

Baca Juga: 3 Kriteria Penerima KIP Kuliah, Calon Mahasiswa PTN dan PTS 2024 Catat Apa Saja

Seberapa penting menyiapkan dana pendidikan untuk anak? 

Dana Pendidikan Anak

Dirangkum dari keterangan resmi Bank OCBC NISP, inilah beberapa alasan penting untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak:

1.Biaya pendidikan yang semakin meningkat

Kenaikan biaya pendidikan yang semakin meningkat setiap tahunnya menjadi alasan persiapan dana pendidikan sejak awal. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi dari sektor pendidikan di Indonesia pada 2021 mencapai 1,2%. 

Sedangkan uang pangkal pendidikan di Indonesia mencapai juga mengalami kenaikan setiap tahunnya, tergantung dari jenis sekolah. Sehingga semua persiapan keuangan harus direncanakan dengan baik agar nantinya tabungan yang dilakukan tidak tergerus inflasi.

Baca Juga: Menilik Skema Bisnis Eduloan Ala Pinjol

2.Apakah dengan tabungan saja cukup?

Dengan melihat kenaikan biaya diatas, apakah dengan menabung saja cukup? Sepertinya tidak. Tergantung jangka waktu persiapan dana, semakin singkat jangka waktunya, mungkin tabungan atau deposito akan menjadi pilihan. 

Semakin panjang jangka waktu persiapan, maka pilihan instrumen investasi lebih luas sesuai profil risiko investasi kita. 

3.Perlunya investasi untuk dana pendidikan anak 

Berinvestasi yang terencana sesuai dengan profil resiko tentunya dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan (life goals) dengan lebih optimal. Kuncinya adalah rutin dalam berinvestasi dan tentukan jangka waktu investasinya.

Yang terpenting selalu ingat bahwa #FinanciallyFit itu dimulai dari meningkatkan pemahaman dasar, memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru. 

Baca Juga: Lebih dari 800 Sekolah di Indonesia Kini Telah Bergabung dalam AIA Healthiest School

Untuk mendukung para orang tua untuk mempersiapkan pendidikan anak, Bank OCBC NISP menyediakan layanan FX yang terintegrasi di ONe Mobile secara komprehensif, baik itu dari kemudahan berbagai jenis mata uang, nilai tukar yang kompetitif, transaksi valas, hingga investasi valas, berupa Deposito dengan 7 mata uang, jangka waktu fleksible dan suku bunga kompetitif. 

Terdapat pula Reksadana yang mudah, nyaman, dan sebagai diversifikasi risiko serta Obligasi yang aman dan merupakan produk likuid. Sehingga Anda bisa menyesuaikan investasi valas sesuai dengan profil risiko yang Anda miliki dengan mata uang dimana anak Anda mau mengenyam Pendidikan nantinya.

Tentunya, akan lebih maksimal karena uang yang diinvestasikan tidak akan lekang dimakan inflasi.

Demikian penjelasan mengenai seberapa penting menyiapkan dana pendidikan untuk anak yang perlu diketahui orang tua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru