Sedang Digandrungi Anak Sekolah Dasar, Ini Manfaat Watch Phone Bagi Para Orang Tua

Senin, 29 Juli 2019 | 11:02 WIB   Reporter: Yuwono Triatmodjo
Sedang Digandrungi Anak Sekolah Dasar, Ini Manfaat Watch Phone Bagi Para Orang Tua


TEKNOLOGI - JAKARTA. Menggunakan watch phone menjadi tren di kalangan anak, khususnya yang ada di bangku sekolah dasar di kota-kota besar. Jam tangan canggih tersebut, layaknya asisten kecil orang tua dalam mengawasi sang buah hati.

Khusus didesain untuk anak, perangkat ini mengutamakan fungsi komunikasi dan keamanan. Anak-anak yang mulai mengenal teknologi, dapat melakukan panggilan telepon dan video call.

Namun banyak orang dewasa yang berpendapat bahwa watch phone yang sedang booming ini tidak lebih dari sekedar mainan anak-anak,. Sebenarnya, apa saja fitur yang terbenam dalam perangkat canggih ini? Fiki Khoerul Umami Public Relation Imoo Indonesia menyebutkan sejumlah manfaat perangkat tersebut sebagai berikut:

1. Alat komunikasi dua arah
 

Komunikasi dua arah adalah fungsi utama watch phone. Seperti namanya, gadget ini merupakan jam tangan yang bisa melakukan panggilan telepon. Sama seperti handphone orang dewasa, watch phone memerlukan simcard untuk pengoperasiannya.

Jika menelisik merk watch phone imoo, watch phone ini dibekali teknologi canggih untuk otomatis memblokir panggilan asing dan memberikan notifikasi pada aplikasi di smartphone orang tua sebagai admin watch phone. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir karena hanya nomer yang telah terdaftar dan dikonfirmasi oleh admin yang bisa terhubung dengan watch phone.

Dengan adanya kamera pada watch phone maka orang tua bisa melakukan video call untuk bertatap muka dengan anak. Kesibukan orang tua yang harus pergi sebelum anak bangun dan pulang ketika anak sudah tertidur, membuat perangkat ini menjadi sarana komunikasi yang fleksibel.

2. Mendeteksi lokasi anak secara presisi
 

Inti fungsi dari watch phone ini tidak hanya menyelesaikan kebutuhan komunikasi anak, tetapi juga menyelesaikan kebutuhan orang tua untuk melindungi keamanan anak-anak mereka.

Salah satu faktor yang menimbulkan niat orang tua membeli watch phone untuk anak tentu karena fitur GPS-nya. Apalagi lokasi yang ditampilkan adalah real time, sehingga orang tua jadi tahu dimana posisi anak berada pada saat itu.

Bagi para orang tua yang memiliki anak usia sekolah, tentu akan merasa terbantu dalam memantau aktivitas harian anak. Saat si kecil sudah sampai sekolah atau sudah kembali pulang ke rumah, orang tua akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi di smartphone-nya.

Jika orang tua ingin mengetahui keberadaan anak, hanya perlu membuka aplikasi pada smartphone yang terhubung dengan watch phone untuk melihat posisi akurat anak dan memberikan keamanan yang lebih baik lagi. Tidak hanya posisi, orang tua juga bias mengetahui apakah anak dalam posisi diam atau berjalan bahkan berlari dengan sensor percepatan yang ada pada watch phone.

Dengan adanya fitur penunjuk lokasi ini, mengurangi kekhawatiran orang tua mengenai keberadaan si kecil. Tentunya sebelumnya orang tua harus bisa memberikan pemahaman kepada anak untuk bias menjaga dengan baik watch phone, seperti tidak dilepas pakai.
 
3. Mode kelas
 

Sebelum berangkat sekolah orang tua hendaknya selalu memastikan si kecil memasang watch phone ini dengan benar dan baterai juga harus dalam kondisi terisi.

Agar anak bias fokus dalam kegiatan pembelajaran, orang tua harus mengatur class mode melalui aplikasi watch phone. "Imoo Watch Phone telah didesain agar tidak mengganggu proses belajar anak di sekolah. imoo watch phone memiliki fitur class mode yang bias diaktifkan oleh handphone orang tua sebagai admin watch phone," tutur Fiki dalam keterangan persnya, Senin (29/7).

Selama class mode aktif, watch phone berfungsi seperti jam tangan biasa untuk menunjukkan waktu dan hanya bisa melakukan telepon darurat ke admin watch phone.

Namun jangan khawatir karena GPS tidak akan turut mati dan orang tua tetap bias memantau posisi si kecil selama mode kelas.

Fiki menambahkan, Imoo watch phone dapat otomatis menolak telepon dari nomor asing dan orang tua akan mendapat notifikasinya. Teknologi keamanan data juga dijamin karena menggunakan enkripsi untuk mencegah peretas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yuwono triatmojo

Terbaru