Internet

Sedang tren, begini tutorial Google Meet yang sangat mudah untuk Anda ikuti

Kamis, 06 Agustus 2020 | 14:39 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Sedang tren, begini tutorial Google Meet yang sangat mudah untuk Anda ikuti

ILUSTRASI. Anda bisa melakukan panggilan video secara mudah dengan mengikuti tutorial Google Meet.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehadiran Google Meet sangat membantu banyak orang untuk menyelesaikan urusannya. Tutorial Google Meet juga bisa sangat mudah untuk Anda ikuti.

Anda bisa menggunakan Google Meet untuk membuat kelas, wawancara, dan lain sebagainya. Berikut tutorial Google Meet yang sangat mudah untuk Anda ikuti:

Membuat panggilan video

Tutorial Google Meet pertama yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara membuat panggilan video. Google menyediakan dua cara bagi Anda untuk membuat panggilan video, yaitu dengan memakai Gmail dan Google Kalender.

Anda bisa memulai panggilan video menggunakan Gmail dengan klik “Mulai rapat” di sidebar bagian kiri. Setelah itu, tutorial Google Meet bisa Anda lanjutnya dengan menekan “Gabung Sekarang”.

Jika Anda ingin mengundang orang lain, Anda bisa membagikan link yang tersedia.

Baca Juga: Lagi tren, berikut cara efektif Zoom meeting di laptop

Tutorial Google Meet menggunakan Google Kalender bisa Anda mulai dengan menekan fitur “Buat” di bagian kiri. Setelah itu, isi semua detail yang diperlukan, seperti judul, waktu, dan lain sebagainya, kemudian tekan tombol “Simpan”.

Bergabung dengan panggilan video

Selain membuat, Anda juga bisa langsung bergabung dengan panggilan video yang orang lain bikin. Ada tiga cara yang Google sediakan: memakai Gmail, Google Kalender, dan aplikasi Google Meet.

Sama seperti membuat panggilan video, cara bergabung dengan panggilan video menggunakan Gmail juga bisa Anda lakukan dengan klik tombol “Gabung ke rapat” di bagian kiri Gmail.

Sedangkan tutorial Google Meet menggunakan Google Kalender bisa Anda awali dengan klik jadwal rapat yang tersedia, kemudian klik “Gabung ke Hangouts meet”.

Baca Juga: 4 situs freelancer yang bisa jadi sumber penghasilan

Tutorial Google Meet menggunakan aplikasi lebih mudah lagi. Anda hanya perlu melakukan klik pada rapat yang sudah terjadwal atau memasukkan kode rapat.

Tutorial Google Meet semakin mudah Anda lakukan karena fitur-fitur di dalamnya cukup mudah untuk dioperasikan. Anda bisa mengetahui siapa saja peserta rapat, mengirimkan chat kepada seluruh atau peserta rapat tertentu, dan membagikan layar untuk keperluan presentasi.

Anda juga bisa menghidupkan atau mematikan mikrofon saat tidak digunakan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur setelan lain, seperti resolusi video dan lain sebagainya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru