Segera Cek HP Sekarang, Ini Ciri-Ciri HP Disadap yang Perlu Anda Waspadai

Rabu, 16 November 2022 | 12:29 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Segera Cek HP Sekarang, Ini Ciri-Ciri HP Disadap yang Perlu Anda Waspadai

ILUSTRASI. Segera Cek HP Sekarang, Ini Ciri-Ciri HP Disadap yang Perlu Anda Waspadai. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.

KONTAN.CO.ID -  Kasus bocornya informasi pribadi seseorang bisa disebabkan karena gawai seperti handphone (HP) orang tersebut disadap. 

Kondisi ini tentu merugikan seseorang yang terkena sadap karena informasi mereka bisa disalahgunakan oleh pelaku. 

Bersumber dari situs Universitas Muhammadiyah Surabaya, penyadapan HP terjadi ketika peretas menggunakan jaringan seluler atau perangkat lunak melalui aplikasi seluler untuk mengikuti aktivitas dan memantau percakapan.

Bagaimana cara mengetahui bahwa HP sedang disadap atau tidak? Menurut ahli IT UM Surabaya, Taufiqurrahman, berikut ini ciri-ciri HP yang terkena sadap yang perlu Anda ketahui. 

Baca Juga: Ingin Kerja di Bank? Ada Lowongan Kerja Terbaru 2022 di Bank Mantap, Cek Syaratnya

1. Suara aneh saat panggilan telepon

Menurut Taufiq, ciri HP yang disadap yang pertama adalah suara yang tidak biasa selama panggilan telpon.

Dia menjelaskan, jika ada suara statis  atau suara jauh yang masuk melalui ponsel selama percakapan, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa HP sedang diintai.

2. HP bermasalah saat dimatikan

HP yang tiba-tiba kurang responsif atau sulit dimatikan sangat mungkin mendapatkan akses tidak sah ke ponsel tersebut.

“Saat mematikan telepon, periksa untuk melihat apakah penonaktifan gagal atau apakah lampu latar tetap menyala, bahkan setelah kita  menyelesaikan proses penonaktifan. Jika itu masalahnya, pelakunya bisa jadi perangkat lunak berbahaya,” jelas Taufiq, dikutip dari situs UM Surabaya.

3. Interferensi elektronik 

Periksa apakah ada gangguan statis saat tidak sedang menelepon dengan cara meletakkan ponsel di dekat perangkat elektronik lain. 

Jika Anda mendengar suara yang tidak biasa, itu pertanda bahwa HP Anda sedang disadap dan seseorang mendengarkan panggilan Anda. 

4. Aplikasi pihak ketiga

Aplikasi pihak ketiga adalah sumber potensial untuk malware dan spyware. Jika Anda baru saja mengunduh aplikasi selain App Store atau Google Play Store, itu adalah penyebab lain dari malware.

“Berhati-hatilah dengan aplikasi apa pun, terutama game, yang meminta izin untuk mengakses riwayat panggilan, buku alamat, atau daftar kontak kita,” tambahnya.

Baca Juga: G20 Indonesia 2022: Sejarah Singkat, Negara Anggota, dan Tema G20 Indonesia

5. Tagihan internet membengkak

Salah satu ciri HP Anda sedang disadap adalah tagihan paket data internet yang tidak wajar. 

Jika tagihan paket data internet menunjukkan lonjakan yang luar biasa tinggi dalam penggunaan teks atau data, bisa menjadi tanda bahwa seseorang telah meretas telepon.

“Jika kita baru saja mengunduh aplikasi baru yang menggunakan banyak data, itu bisa menjadi alasan yang sah untuk penggunaan data yang tiba-tiba meningkat,” katanya.

6. Kapasitas baterai terus berkurang

Baterai HP Anda sering berkurang drastis? Anda perlu berhati-hati karena bisa saja HP sedang disadap.

Performa baterai yang berkurang adalah indikasi lain dari ponsel yang disadap. Jika ponsel disadap, HP akan merekam aktivitas dan mengirimkannya ke pihak ketiga. 

Aktivitas ini meninggalkan jejak dalam bentuk peningkatan penggunaan baterai dan akibatnya baterai kehilangan masa pakai lebih cepat.

7. SMS yang tidak biasa

Jika Anda menerima pesan teks aneh yang berisi angka, simbol, atau karakter acak, hal tersebut adalah fitur remote control perangkat lunak mata-mata bekerja dengan mengirimkan pesan teks kode rahasia ke HP. 

Pada beberapa kasus ini dapat dilihat jika perangkat lunak tidak bekerja dengan benar dan terjadi secara teratur.

8. Aktivitas aneh

Ciri-ciri HP disadap selanjutnya adalah adanya aktivitas aneh. Cara termudah untuk mendeteksi jika ponsel seseorang disadap adalah dengan memperhatikan aktivitas aneh apa pun yang dialami HP secara tiba-tiba.

“Jika menyala, mati, menyala, atau mengunduh aplikasi dengan sendirinya, artinya perangkat HP sedang dikendalikan oleh peretas,” jelas Taufiq.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru