Segera Daftar, Ini Tata Cara Mendaftar Jalur UTBK-SNBT 2023 yang Ditutup Jumat Ini

Kamis, 13 April 2023 | 17:11 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Segera Daftar, Ini Tata Cara Mendaftar Jalur UTBK-SNBT 2023 yang Ditutup Jumat Ini

ILUSTRASI. Segera Daftar, Ini Tata Cara Mendaftar Jalur UTBK-SNBT 2023 yang Ditutup Jumat Ini.


PERGURUAN TINGGI -  Bagi sisw ayang belum mendaftar jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT), sebaiknya segera melakukan pendaftaran. 

Pendaftaran akan berakhir pada hari Jumat 14 April 2023 minggu ini. Jalur ini bisa diikuti oleh siswa yang tidak mengikuti seleksi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau yang belum beruntung lolos di jalur ini.

Bersumber dari Sosialisasi Pendaftaran SNBT 2023 di Kanal YouTube SNPMB BPPP, peserta SNBP yang bisa mengikuti SNBT adalah peserta yang tidak lolos SNBP. 

Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB, Prof. Budi P Widyobroto menjelaskan, peserta yang belum dinyatakan lolos atau tidak, belum bisa mendaftar UTBK-SNBT 2023. 

Baca Juga: Mau Tukar Uang Baru Buat Lebaran 2023? Ini Cara Tukar Uang Baru di Kas Keliling BI

Peserta lolos SNBP tidak boleh daftar SNBT

Prof. Budi menjelaskan bahwa siswa peserta SNBP bisa mulai mendaftar SNBT setelah pengumuman SNBP pada tanggal 28 Maret 2023. 

Siswa diimbau untuk tidak khawatir tidak mendapatkan tempat untuk mengikuti UTBK-SNBT karena panitia SNPMB BPPP menjamin ketersediaan kursi ujian.

Durasi pendftaran yang cukup panjang, hingga tanggal 14 April 2023, memungkinkan peserta SNBP yang tidak lolos untuk mendaftar SNBT.  

"Termasuk sudah tidak menerapkan protokol Covid-19, harapannya tidak akan terjadi tidak dapat tempat (UTBK-SNBT)," jelas Prof. Budi.

Lebih lanjut, siswa yang dinyatakan lolos pada jalur SNBP, tidak bisa mendaftar pada jalur SNBT 2023. Kebijakan ini berlaku untuk keadilan bersama untuk calon mahasiswa. 

Tata cara mendaftar SNBT 2023

1. Login di portal SNBT yaitu di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

2. Siswa melengkapi biodata pada halaman Profil. Beberapa data sudah terisi dan tidak perlu diganti karena menyesuaikan data yang diisikan saat pembuatan akun SNPMB. Jika ada data yang belum terisi, Anda bisa melengkapinya dengan informasi yang diminta. 

3. Setelah data diri serta orangtua terisi, Anda bisa melakukan Konfirmasi Akhir Biodata dan melakukan Simpan Permanen Biodata. Pastikan seluruh data yang diisikan sudah benar karena setelah melakukan "Simpan Permanen Biodata", biodata Anda tidak dapat diubah kembali. 

4. Siswa melakukan pengisian pilihan prodi yang dipilih pada halaman Pilihan. Siswa bisa memilih dua jurusan pada satu PTN atau dua PTN dengan masing-masing PTN satu jurusan. 

4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman Portofolio, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Bagi peserta SNBP yang sudah mengunggah portofolio, Anda bisa menggunakannya untuk mendaftar SNBT. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan.

5. Setelah melakukan penyimpanan pilihan jurusan, peserta bisa memilih Pusat UTBK. Jika sudah memilih, Anda bisa melakukan Simpan Permanen.

Baca Juga: Cara Membayar Biaya UTBK-SNBT 2023 Lewat Teller BNI, BSI, BRI, BTN, & Mandiri

6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman Finalisasi jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.

7. Peserta akan mendapatkan slip pembayaran UTBK 2023 dan bisa diunduh untuk melakukan pembayaran. 

8. Peserta wajib membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 pada jangka waktu uang telah ditentukan menggunakan kode pembayaran yang tertera pada slip pembayaran UTBK.

7. Jika sudah membayar biaya pendaftaran, siswa bisa mengunduh dan mencetak kartu peserta.

Jadwal lengkap SNBT 

  • Sosialisasi UTBK-SNBT: 1 Desember 2022 - 14 April 2023
  • Pembuatan akun SNPMB: 16 Februari - 17 Maret 2023 pukul 15.00 WIB
  • Pendaftaran UTBK-SNBT: 23 Maret - 14 April 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 8-14 Mei 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombag 2: 22-288 Mei 2023
  • Pengumuman hasil SNBP: 28 Maret 2023
  • Masa unduh sertifikat UTBK: 26 Juni - 31 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru