Segera Daftar, Kuota Beasiswa LPDP Tahun Depan Capai 3.256 Mahasiswa

Kamis, 22 September 2022 | 06:00 WIB   Reporter: Siti Masitoh
Segera Daftar, Kuota Beasiswa LPDP Tahun Depan Capai 3.256 Mahasiswa

ILUSTRASI. Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022. Pemerintah akan menyediakan anggaran pendidikan Rp 608,3 triliun di 2023. Salah satunya akan disalurkan untuk beasiswa LPDP.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menyiapkan anggaran pendidikan  Rp 608,3 triliun pada tahun depan. Salah satunya akan disalurkan untuk beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata mengatakan, tahun depan pemerintah akan memberikan beasiswa LPDP untuk  mahasiswa sebanyak 3.256 kuota.

“Untuk LPDP diharapkan ada pemberian beasiswa baru kepada 3.256 mahasiswa di 2023. Sementara untuk 7.047 mahasiswa yang sudah menerima beasiswa LPDP saat ini dapat kami pertahankan kontinuitas beasiswanya,” tutur Isa saat melakukan rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI, Selasa (20/9).

Baca Juga: Ada 10.000 Kuota Beasiswa Pendidikan untuk Guru dari Kemenag-LPDP, Sudah Tahu?

Isa menjelaskan, anggaran pendidikan tersebut dialokasikan melalui belanja pemerintah pusat sebesar Rp 233,9 triliun, transfer ke daerah Rp 305 triliun, dan pembiayaan Rp 69,5 triliun. Anggaran untuk beasiswa LPDP tersebut masuk ke dalam pos pembiayaan pendidikan.

Selain itu, anggaran pendidikan tahun depan juga lebih besar dari anggaran pendidikan pada tahun ini. Nilainya naik Rp 33,4 triliun. Tujuannya adalah untuk meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing dengan meningkaykan integrasi pelaksaanan program antara pusat dan daerah.

Peningkatan tersebut dilakukan melalui program DAK fisik dan non fisik bidang pendiidkan dan kebudayaan, meningkatkan peran masyarakat dalam pembangunan, Pendidikan, dan efisiensi dalam pengalokasian anggaran.

Lebih lanjut, selain akan dialokasikan untuk beasiswa LPDP, anggaran pendidikan ini juga akan dialokasikan diantaranya untuk bidikmisi/KIP kuliah yang diberikan kepada 976.800 mahasiswa.

Kemudian, untuk Program Indonesia Pintar (PIP) untuk 20,1 juta mahasiswa, Ini mencakup PIP melalui Kemendikbudristek sebanyak 17,9 juta dan Kementrian Agama sebesar 2,2 juta siswa. Lalu untuk Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) yang dialokasikan dari Kementerian Agaama akan diberikan kepada 8,8 juta siswa.

“Untuk bantuan operasional sekolah terutama di Kemenag, kami berharap bisa memberikan manfaat bagi 8,8 juta siswa,” imbuh Isa.

Baca Juga: Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahap 2 Tahun 2022 Sudah Dibuka, Cek Cara Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru