Sehari di Waingapu Sumba Timur, Ini 4 Pilihan Wisata yang Bisa Dinikmati

Senin, 30 Mei 2022 | 20:14 WIB   Reporter: Kenia Intan
Sehari di Waingapu Sumba Timur, Ini 4 Pilihan Wisata yang Bisa Dinikmati

ILUSTRASI. A Sumbanese boy walks with a horse at Wairinding hills in Waingapu in East Sumba, East Nusa Tenggara province, Indonesia, February 21, 2020. REUTERS/Willy Kurniawan


KONTAN.CO.ID - SUMBA TIMUR. Tempat-tempat ini bisa menjadi pilihan apabila Anda mengunjungi Sumba Timur, tetapi memiliki keterbatasan waktu. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Waingapu menjadikan destinasi ini lebih mudah dijangkau baik dari sisi jarak maupun waktu.

1. Kampung Raja Prailiu

Bagi yang tertarik dengan wisata budaya dan ingin memahami kearifan lokal masyarakat setempat, Kampung Raja Prailiu bisa menjadi pilihan. Lokasinya terletak sekitar 4-5 kilometer dari pusat kota atau memakan waktu sekitar 10-11 menit menggunakan mobil. 

Di sana anda dapat melihat rumah-rumah adat dengan atap berbentuk limas menjulang yang dikenal dengan Uma Mbatang dan Uma Hori.  Ada juga kain-kain yang ditenun oleh masyarakat setempat dengan motif beragam.

Biasanya, motif-motif yang tertuang dalam setiap kain menyimpan arti atau kisah tertentu. Di kampung adat ini juga terdapat kubur batu yang merupakan makam dari raja-raja sebelumnya.

Mengunjungi Kampung Raja Prailiu tidak dipungut retribusi masuk maupun biaya parkir. Hanya saja pengunjung perlu menjaga sikap agar tidak mengganggu masyarakat yang masih tinggal di kampung tersebut beraktivitas.

2. Bukit Tanau

Apabila ingin memanjakan mata dengan hamparan perbukitan hijau, anda bisa mengunjungi Bukit Tenau. Lokasinya terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota atau memakan waktu sekitar 24-29 menit menggunakan mobil. 

Mengunjungi lokasi ini perlu kehati-hatian tinggi karena jalanan menuju puncak bukit masih berbatu, curam, dan berkelok. Apabila mengendarai kendaraan roda empat, alangkah lebih baik sopir sudah berpengalaman dengan medan tersebut. Berkunjung ke tempat ini juga tidak dipungut retribusi masuk maupun biaya parkir.

3. Pantai Walakiri

Menikmati sore di Pantai Walakiri juga bisa menjadi pilihan sebelum menutup hari. Pantai ini berjarak 24 kilometer atau sekitar 37 menit dari Kota Waingapu menggunakan mobil.

Jalan menuju pantai tersebut juga sudah beraspal. Hanya saja, ketika sudah mendekati pantai, kendaraan perlu berbelok dari jalan aspal ke jalan tanah berbatu yang cukup landai. 

Anda bisa menikmati keindahan Pantai Walakiri sambil menyantap jajanan di warung-warung yang berada di pinggir pantai. Sekadar duduk-duduk menikmati pemandangan ataupun menyusuri bibir pantai berpasir putih juga bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

4. Kuliner Dermaga Lama

Terletak di pinggir laut, sangat mudah mendapatkan ikan-ikan ataupun hasil laut segar lainnya di Waingapu. Menyantap olahan laut yang lezat bisa dilakukan di sekitar Dermaga Lama Waingapu. Di sana terdapat beberapa tempat makan yang siap mengolah hasil laut  menjadi hidangan yang menggoyang lidah. Sambil menyantap makanan, anda juga bisa menikmati keindahan dermaga di sore hari.  Lokasinya pun tidak jauh dari pusat Kota Waingapu, hanya sekitar 3-4 kilometer atau 8 menit saja menggunakan mobil.

Di atas beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Waingapu dalam sehari. Apabila memiliki waktu lebih, masih banyak destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan seperti Bukit Wairinding, Air Terjun Tanggedu, Hutan Cemara Laipori, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru