Seimbangkan Karier dan Rumah Tangga, Perempuan Harus Tentukan Prioritas

Kamis, 09 Maret 2023 | 11:52 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Seimbangkan Karier dan Rumah Tangga,  Perempuan Harus Tentukan Prioritas

ILUSTRASI. Fasilitas penitipan anak?memberikan solusi untuk menunjang kinerja pekerja kantoran. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


WANITA / PEREMPUAN - JAKARTA. Setiap tahun, Hari Perempuan Internasional jatuh setiap tanggal 8 Maret. Peringatan ini sebagai komitmen mendukung para perempuan di dunia.

Banyak perusahaan atau lembaga turut memperingati Hari Perempuan Internasional. Salah satunya Grant Thornton Indonesia yang mengadakan talkshow.

"Tujuan akhirnya adalah agar dapat memberi perspektif baru dan semangat baru bagi para perempuan dalam menyeimbangkan karier dan rumah tangga. Serta memiliki kesempatan untuk mencapai potensi sepenuhnya,” ujar CEO Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani, dalam webinar, Selasa (7/3). 

Baca Juga: Peringati International Women's Day dengan Nonton 5 Film Perempuan dari Indonesia Ini

Johanna mengatakan, kunci utama dalam menyeimbangkan karier dan rumah tangga adalah dengan menentukan prioritas. "Bagi saya prioritas utama tetaplah keluarga. Dengan menentukan prioritas, kita akan lebih disiplin dalam melakukan segala aktivitas dan tanggung jawab. Temukan juga support system Anda. Kita sebagai perempuan dan seorang manusia tidak bisa melakukan semuanya sendiri," lanjut Johanna. 

Ketimpangan gender dalam dunia kerja seringkali juga disebabkan adanya stereotip gender. Perempuan sering dianggap tidak memiliki kapasitas atau kemampuan yang sama dengan laki - laki. Padahal, keberadaan perempuan sebagai pemimpin akan membuat perusahaan semakin dinamis. Sehingga dapat menghasilkan keputusan komprehensif dan inklusif yang berasal dari berbagai aspek.

Baca Juga: Inspiratif! Ini 4 Film Indonesia yang Kisahkan Perjuangan Perempuan!

Grant Thornton Indonesia menginisiasi kebijakan dan inovasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang ramah bagi ibu dan anak. Sehingga para ibu dapat fokus bekerja, sembari tetap bertanggung jawab terhadap perannya sebagai ibu. 

Beberapa kebijakan sebagai bentuk dukungan antara lain adanya ruangan khusus untuk ibu menyusui. Lalu kebijakan yang membolehkan membawa anak ke kantor.

"Dalam training atau leadership program, Grant Thornton secara global selalu menyeimbangkan proporsi jumlah partner yang seimbang untuk lelaki dan perempuan,” tambah Johanna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru