Sejumlah Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Berlian

Selasa, 21 Juni 2022 | 07:43 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Sejumlah Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Berlian

ILUSTRASI. Cincin berlian koleksi Flawless Diamonds


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Berlian merupakan salah satu barang mewah yang memiliki nilai tinggi untuk personal. Hal inilah yang membuat banyak generasi muda tertarik beralih ke logam mulia berlian sebagai salah satu pengikat pasangan mereka. Namun, seberapa mengenal kamu terhadap logam mulia tersebut? 

President Director Flawless Diamonds, Franklin Kenny, mengatakan, ada beberapa hal dasar yang harus diperhatikan orang awam jika membeli cincin berlian, agar mendapatkan cincin berlian yang asli dan juga bagus serta berkualitas. 

Daftar Isi

Ia bilang, Flawless Diamonds merupakan toko Lab-Grown Diamonds pertama di Indonesia yang dapat dipastikan lulus diamond tester.

Berlian memiliki harga jual yang bervariatif dari puluhan juta sampai tertinggi mencapai miliaran rupiah. Harga Natural Diamonds yang memiliki harga relatif mahal membuat Franklin Bruno Kenny berinisiatif untuk memasukkan Lab Grown Diamonds dipasar cincin berlian. 

Baca Juga: Permintaan Pulih, Peluang Investasi Berlian Kembali Cerah

Lab Grown Diamonds yang mempunyai harga relatif lebih terjangkau bahkan hingga seperempat harga dari Natural Diamond, diharapkan akan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi kaum muda yang ingin mencari cincin berlian untuk acara pertunangan mereka ataupun untuk hadiah buat kekasih mereka.

“Lab-grown diamonds adalah sebuah breakthrough di dalam industri berlian, karena saya yang terlahir di usaha keluarga perhiasan berlian pun sangat kaget ketika lihat wujud asli dari sebuah lab-grown diamond. Secara visual sama persis, saya sebagai lulusan sekolah berlian GIA pun tidak bisa bedakan.,” ujar Franklin Bruno Kenny dalam keterangannya, Selasa (21/6).

Dilansir dari situs flawlessdiamonds.co.id, yang merupakan situs penjualan cincin berlian terpercaya, dijelaskan bahwa ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat akan membeli cincin berlian agar mendapat cincin berlian yang legal dan asli serta berkualitas. 

Berlian Simulan

Berlian palsu juga dikenal sebagai simulan berlian, atau berlian imitasi. Berlian imitasi memiliki komposisi kimia yang berbeda dari berlian asli. Berlian simulan adalah batu permata yang dibuat agar terlihat seperti berlian asli. Mereka tidak memiliki sifat kimia dan fisik yang sama dengan berlian asli.

Oleh karena itu, mereka dijual dengan harga yang lebih rendah. Beberapa contoh berlian simulan termasuk cubic zirconia dan moissanite.

Ada banyak informasi yang membingungkan dan bertentangan antara berlian simulan dan lab-grown diamonds, di mana orang berpikir bahwa mereka adalah sama. Inilah mengapa kita harus menyikapi hal seperti itu.

Lab grown diamonds ditanam dari biji karbon kecil, dengan penggunaan teknologi tinggi yang meniru proses alami. Lab-grown diamonds kemudian memiliki sifat kimia dan fisik yang sama dengan berlian alami.

Baca Juga: Apa Itu Gadai? Ini Pengertian dan Daftar Barang yang Bisa Digadaikan

Perbedaan berlian simulan vs berlian lab-grown

Sertifikasi

Berlian simulan seperti moissanite dan cubic zirconia tidak disertifikasi, tidak seperti lab-grown diamond yang disertifikasi sama dengan berlian alami, memiliki sistem 4c dan penilaian yang sama.

Penguji Berlian

Berbeda dengan lab diamonds, berlian simulan tidak lulus tester berlian, yang kemudian tidak dapat diklasifikasikan sebagai berlian asli. Lab diamonds sudah pasti lulus diamond tester dimana bisa di katakan REAL DIAMONDS.

Secara visual dan kimia

Lab-grown diamonds secara visual dan kimia sama dengan berlian alami. Sedangkan berlian simulan hanya di buat untuk meniru tampilan berlian alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru