Selain mencegah kehamilan, ini 5 manfaat lain pil KB

Senin, 15 November 2021 | 10:50 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Selain mencegah kehamilan, ini 5 manfaat lain pil KB

ILUSTRASI. Selain mencegah kehamilan, ini 5 manfaat lain pil KB

KONTAN.CO.ID - Manfaat utama pil KB tentu saja untuk mencegah kehamilan. Pil KB menjadi salah satu metode kontrasepsi yang paling banyak digunakan, setidaknya 20% perempuan Indonesia. 

Sebuah artikel yang dimuat pada Planned Parenthood menyatakan bahwa penggunaan pil KB tidak semata-mata hanya untuk mencegah kehamilan atau kontrasepsi.

Kabar baiknya, pil KB ternyata juga punya berbagai manfaat kesehatan untuk para penggunanya. Dirangum dari Women Health, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi pil KB. 

1. Membantu haid lebih teratur

Salah satu manfaat minum pil KB yang bisa Anda rasakan selain mencegah kehamilan adalah haid menjadi lebih teratur. Bagi Anda yang sering uring-uringan karena haid tidak jelas jadwalnya, mungkin bisa coba minum pil KB.

Terkadang dokter juga akan meresepkan obat minum ini pada pasiennya yang punya jadwal haid tidak teratur. Haid tidak teratur kebanyakan disebabkan oleh gangguan hormon reproduksi.

2. Meminimalisir munculnya masalah kulit

Semua perempuan memproduksi hormon seks pria, tapi jumlahnya lebih sedikit dibanding kaum pria. Sayangnya, sebagian perempuan kerap memproduksi hormon seks pria lebih banyak dibanding lainnya.

Hal ini ternyata dapat memicu timbulnya jerawat dan pertumbuhan rambut yang berlebihan. Pil KB dapat memperlambat produksi hormon seks pria. 

Inilah yang membuat pil KB dapat dipakai untuk mengobati jerawat dan mengurangi tumbuhnya rambut-rambut yang tidak diinginkan seperti kumis.

Baca Juga: Diskon besar! Ini harga sepeda lipat Element Ecosmo 8SP X Tokopedia terkini

Editor: Helvana Yulian
Terbaru