Kuliner

Selain penting, ini sederet manfaat mengkonsumsi serat saat sarapan

Minggu, 21 Februari 2021 | 18:36 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Selain penting, ini sederet manfaat mengkonsumsi serat saat sarapan

ILUSTRASI. Ilustrasi meja sarapan keluarga

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Masyarakat masih menganggap sarapan hanya sekedar mengisi perut tanpa memenuhi kelengkapan gizi dan kandungan serat. Padahal sembilan dari sepuluh penduduk Indonesia kurang konsumsi serat. 

Sarapan sehat bergizi lengkap dan mengandung serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh.. Di antaranya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian, meningkatkan energi dan dapat berkonsentrasi lebih baik serta menjaga berat badan yang sehat, 

Serat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya hasil metabolit serat dapat meningkatkan penyerapan mineral penting, menstimulasi sel kekebalan tubuh (meningkatkan imunitas). Serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif (meningkatkan fokus dan meningkatkan daya ingat).

Sumber serat bisa didapatkan dari golongan sereal diantaranya gandum, oatmeal, beras, jagung, sorgum ataupun bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. ”Sarapan yang baik merupakan awal penting menjalani hari yang produktif dengan penuh semangat, menjaga berat badan yang sehat dan dapat berkonsentrasi dengan baik,” terang Daeng M. Faqih, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), saat webinar, Kamis (18/2).  

Sementara itu, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Hardinsyah, menambahkan, sarapan bergizi, berserat dan sehat penting dilakukan setiap hari. Melewatkan sarapan (skipping breakfast) apa lagi bagi anak sekolah membuat tubuh menjadi lesu, tidak bersemangat dan ceria serta sulit berkonsentrasi. Ujungnya menjadi tidak produktif. “Mengkonsumsi sarapan bergizi, berserat dan sehat setiap hari adalah modal penting agar tubuh sehat dan siap beraktivitas,”kata  Hardinsyah.

Sarapan yang sehat adalah sarapan yang bergizi dan kaya serat. Serat adalah salah satu sumber nutrisi penting yang mampu bantu pencernaan untuk menyerap nutrisi secara maksimal, sehingga tubuh kita sehat dan siap beraktivitas. “Kami mengajak penduduk Indonesia menerapkan kebiasaan sarapan sehat yang bergizi lengkap dan kaya serat,”ujar Cynthia Ruslan, Sr. Brand Manager Energen

Editor: Ahmad Febrian
Terbaru