Selamat Hari Ayah Nasional 2021, ini sejarah dibuatnya hari ayah dan contoh ucapan

Jumat, 12 November 2021 | 07:27 WIB Sumber: TribunNews.com,Kompas.com
Selamat Hari Ayah Nasional 2021, ini sejarah dibuatnya hari ayah dan contoh ucapan

ILUSTRASI. Selamat Hari Ayah Nasional 2021, ini sejarah dibuatnya hari ayah dan contoh ucapan


HARI BESAR NASIONAL - Jakarta. Selamat Hari Ayah Nasional. Hari ini, Jumat 12 November 2021 merupakan peringatan Hari Ayah Nasional. Berikut sejarah dibalik peringatan Hari Ayah Nasional serta contoh ucapan yang bagus untuk caption di media sosial.

Dikutip dari Wikipedia, Hari Ayah Nasional adalah hari untuk menghormati kebapakan, ikatan ayah, serta pengaruh ayah dalam masyarakat. Di Indonesia, Hari Ayah Nasional dirayakan pada 12 November dan bukan hari libur umum.

Kompas.com memberitakan, Hari Ayah Nasional ini berbeda dengan Hari Ayah Sedunia yang diperingati setiap 20 Juni. Beberapa negara juga memiliki peringatan Hari Ayah tersendiri dengan tanggal yang berbeda-beda, termasuk di Indonesia.

Amerika Serikat awalnya memperingati Hari Ayah setiap 5 Juli. Akan tetapi, pada 1966, Presiden AS Lyndon B Johnson mendeklarasikan hari Minggu ketiga bulan Juni sebagai Hari Ayah. Sementara, sejumlah negara di Eropa memperingati Hari Ayah setiap tanggal 19 Maret.

Swedia, Norwegia dan Finlandia memperingati Hari Ayah pada Minggu kedua bulan November. Adapun, Australia, Selandia Baru, Fiji, dan Papua Nugini merayakan Hari Ayah pada Minggu pertama bulan September.

Baca juga: Roehana Koeddoes atau Ruhana Kuddus dipajang Google hari ini, siapa dia?

Sejarah dan Ucapan Selamat Hari Ayah

Bagaimana sejarah peringatan Hari Ayah di Indonesia diperingati setiap 12 November? Dikutip dari Harian Kompas, 10 Oktober 2006, gagasan Hari Ayah Nasional datang dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo. Saat itu, penyebutannya Hari Bapak Nasional.

Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi memandang perlu adanya Hari Bapak atau Hari Ayah, mengikuti peringatan Hari Ibu dan Hari Anak yang telah lama ada. Ketua Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo, Gress Raja, kala itu, mengatakan, gagasan perlunya ada Hari Bapak, bukan karena 'iri' ada Hari Ibu tetapi tidak ada Hari Bapak.

Hari Bapak dipandang perlu karena bapak merupakan bagian dari keluarga yang tidak boleh diremehkan perannya. "Bapak dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kita butuh keduanya sebagai keseimbangan kesadaran kita sebagai anak," kata Gress.

Pemilihan nama "Hari Bapak" dan bukan Hari Ayah, menurut Gress, karena kata "bapak" dinilai lebih bernuansa umum, sedangkan "ayah" lebih merujuk kepada laki-laki yang memiliki anak.

Ia menceritakan, beberapa tahun sebelumnya, saat perayaan Hari Ibu, ada lomba menulis surat untuk ibu. Tiba-tiba, ada peserta yang menanyakan mengenai kapan ada lomba menulis surat untuk bapak. “Setelah itu, kami jadi tertarik untuk berpikir lebih dalam, mengapa tidak dirayakan Hari Bapak," ujar dia.

Deklarasi Hari Bapak dilakukan pada 12 November 2006 di Kota Solo. Meski dideklarasikan pertama kali di Kota Solo, pada saat bersamaan, salah satu anggota juga menggelar acara yang sama di Maumere, Flores.

Mengutip Harian Kompas, 13 November 2006, Deklarasi Hari Bapak Nasional di Solo pada 12 November 2006 dilakukan di Pendapa Gede Balai Kota Solo. Acara deklarasi dihadiri pelajar, tokoh masyarakat, dan agama. Salah satu agendanya adalah pembacaaan Buku Kenangan buat Ayah yang berisi surat 100 anak Nusantara untuk ayah mereka.

Contoh ucapan Hari Ayah Nasional

Dilansir dari Tribunnews, berikut beberapa contoh ucapan Hari Ayah Nasional yang bisa digunakan sebagai caption di media sosial seperti Instagram, Facebook, dll:

  1. Selamat Hari Ayah Nasional 2021! Semoga Ayah selalu diberikan kebahagiaan tak terbatas oleh Tuhan.
  2. Selamat Hari Ayah Nasional 2021 untuk ayah terbaik di alam semesta. Aku mencintaimu!
  3. Terima kasih kepada setiap ayah di dunia karena membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik bagi kami. Selamat Hari Ayah Nasional 2021!
  4. Selamat Hari Ayah Nasional 2021! Berartinya Dirimu. Aku sangat mencintaimu!
  5. Ayah adalah superhero sejati. Mereka mungkin tidak memiliki kekuatan super tetapi mereka selalu memiliki hati yang super dan semangat yang super. Selamat Hari Ayah Nasional 2021 untuk semua Ayah!
  6. Memiliki ayah yang luar biasa sepertimu adalah berkah yang nyata. Selamat Hari Ayah Nasional 2021, Ayah!
  7. Selamat Hari Ayah Nasional 2021! Anda selalu menjadi ayah yang paling mendukung dan ramah di dunia.
  8. Selamat Hari Ayah Nasional 2021! Anda adalah manusia super sejati. Terima kasih untuk semua yang Anda lakukan.
  9. Selamat hari ayah, ayah. Semoga Anda menerima banyak sukacita dan tetap diberkati!
  10. Saya seorang putri yang beruntung karena saya memiliki seorang Ayah yang sangat manis sehingga semua teman saya berharap mereka memilikinya. Selamat Hari Ayah Nasional 2021, Ayah!
  11. Terima kasih telah membuat semua pengorbanan diam-diam dan bekerja keras hanya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik bagi kami! Aku mencintaimu, selamat hari ayah ayah!
  12. Selamat Hari Ayah Nasional 2021, Ayah! Terima kasih untuk selalu mendukungku!
  13. Seorang ayah selalu menjadi cahaya penuntun bagi anak-anaknya yang cintanya menunjukkan jalan. Selamat Hari Ayah Nasional 2021.
  14. Saya tidak pernah bisa cukup berterima kasih kepada Tuhan untuk hadiah terbaik dalam hidup saya. Dia membuatku paling bahagia dengan memberikanmu sebagai ayahku! Selamat Hari Ayah Nasional 2021!
  15. Papa terkasih, Selamat Hari Ayah Nasional 2021 untukmu. Anda mungkin tidak berada di samping saya hari ini, tetapi Anda sangat hidup di hati saya dengan cinta dan dukungan Anda.
  16. Ayah saya sangat luar biasa dan saya yang beruntung karena saya bisa menjadi anak kesayangannya. Selamat Hari Ayah untuk Ayah terbaik!
  17. Selamat Hari Ayah, Ayah. Apa pun saya hari ini adalah karena Anda, jadi saya yakin Anda melihat saya dari surga sekarang dan tersenyum!
  18. Terima kasih untuk semua hal indah yang Anda lakukan yang mungkin tidak selalu diperhatikan. Selamat Hari Ayah Nasional 2021!
  19. Tanggung jawab, bimbingan, dan perlindungan Anda membuat kami tetap bersatu, membuat kami kuat, dan mengajari kami untuk berdiri tegak di atas segalanya. Selamat Hari Ayah Nasional 2021 untukmu!
  20. Di Hari Ayah ini, saya ingin memberi tahu Anda bahwa Anda adalah orang yang sangat istimewa dalam hidup saya. Anda akan selalu menjadi pahlawan saya.
  21. Anda mengorbankan hari-hari baik Anda untuk membuat hari-hari kami cerah, Anda berjuang keras untuk memastikan selalu ada senyum di wajah kami. Anda layak mendapatkan semua rasa hormat. Selamat Hari Ayah Nasional 2021!
  22. Sejujurnya, Ayah, Anda telah melakukan banyak hal untuk saya. Saya suka bahwa Anda adalah Ayah saya! Selamat Hari Ayah Nasional 2021!

Selamat Hari Ayah Nasional 2021!

Selanjutnya: Hari Pahlawan, Google pajang kartun Ismail Marzuki, ini profil dan karyanya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru