Seleksi mandiri PTN ini masih dibuka untuk calon mahasiswa baru, jangan menyerah!

Rabu, 19 Agustus 2020 | 09:43 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Seleksi mandiri PTN ini masih dibuka untuk calon mahasiswa baru, jangan menyerah!

ILUSTRASI. Jangan menyerah! Seleksi mandiri PTN ini masih dibuka untuk calon mahasiswa baru. Tribun Jabar/Gani Kurniawan


KONTAN.CO.ID -  Meskipun Anda gagal dalam SBMPTN 2020, Anda tidak boleh putus asa. Jika memang Anda ingin berkuliah di universitas negeri, masih ada jalur seleksi mandiri. 

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga membuka seleksi mandiri. Beberapa seleksi mandiri PTN sudah ditutup sebelum pengumuman SBMPTN 2020 dirilis.

Baca Juga: Lolos SBMPTN 2020 UGM? Ini prosedur registrasi calon mahasiswa baru UGM

Tapi Anda tidak perlu berkecil hati. Ada PTN yang masih membuka jalur seleksi mandiri. 

PTN mana saja yang masih membuka seleksi mandiri? Berikut PTN yang masih membuka seleksi mandiri, dihimpun KONTAN.co.id dari situs resmi PTN terkait. 

  • Seleksi Mandiri ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), merupakan salah satu institut negeri favorit. ITS membuka seleksi mandiri untuk calon mahasiswa, selain jalur SNMPTN dan SBMPTN. 

Jadwal Seleksi Kemitraan Mandiri (SKM) ITS dibuka mulai 3 hingga 22 Agustus 2020. Seleksi SKM ITS menggunakan nilai UTBK 2020 atau Tes Kemampuan Akademik ITS. Nilai rapor juga menjadi materi seleksi SKM. 

Detail seleksi SKM ITS bisa Anda akses di http://smits.its.ac.id/sarjana/.

  • Seleksi mandiri ITB

Selain ITS, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga menjadi favorit masyarakat Indonesia. ITB terkenal dengan lulusannya yang cepat mendapat pekerjaan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi lulusan SMA dan SMK untuk mendaftar ITB. 

Jalur seleksi mandiri ITB dibuka mulai 1 Juli hingga 22 Agustus 2020 mendatang. Seleksi mandiri ITB akan menggunakan hasil UTBK 2020, nilai rapor, serta kriteria lainnya. Pendaftar yang memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain diharuskan mengikuti tes kemampuan seni rupa. 

Detail seleksi mandiri ITB bisa Anda akses di https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru