Semen Indonesia Apresiasi Upaya Okvisa Craft Populerkan Fesyen Ramah Lingkungan

Senin, 19 Februari 2024 | 19:50 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Semen Indonesia Apresiasi Upaya Okvisa Craft Populerkan Fesyen Ramah Lingkungan

Pemilik usaha OKVISA Craft, Oktavirasa bersama para model berjalan di catwalk mengenakan busana ecoprint bertema Warna Semesta pada ajang Rembang Batik Festival dan Parade?Designer?2020.


SEMEN INDONESIA -  JAKARTA. Corporate Secretary PT Semen Indonesia Tbk (SIG) Vita Mahreyni, memberikan apresiasi atas upaya OKVISA Craft dalam menjalankan bisnis dengan konsep ekonomi sirkular dan kepedulian sosial yang tinggi. 

Fesyen ecoprint, yang menjadi tren populer dengan banyak peminat, menjadi dasar bagi kesuksesan Okta, pendiri OKVISA Craft, dalam menjangkau pasar yang luas.

“Ini adalah hasil nyata dari pelaksanaan misi SIG untuk menciptakan perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan,” kata Vita Mahreyni dalam siaran pers, Rabu (21/2). 

Baca Juga: Semen Baturaja (SMBR) Bidik Kenaikan Volume Penjualan Hingga 24% Tahun Ini

Okta, seorang pegiat UMKM asal Rembang, memanfaatkan peluang bisnis fesyen ecoprint dengan menggabungkan keindahan corak alam dengan warna eksotis dari pewarna alami. Pendampingan dari Rumah BUMN (RB) Rembang, yang dikelola oleh anak usaha PT Semen Gresik, juga turut berperan dalam kemajuan usaha Okta.

Perjalanan Okta dalam dunia seni dimulai sejak masa sekolah dasar, di mana ia mulai mengembangkan hobi merajut dan kaligrafi. Semakin berkembangnya minatnya terhadap seni terbukti saat ia menempuh pendidikan tinggi dan mulai menekuni desain busana. Karya-karya fesyen Okta telah mendapatkan pengakuan melalui partisipasinya dalam berbagai ajang fashion show bergengsi di tanah air.

Pada tahun 2015, Okta memulai usaha OKVISA Craft, yang kini telah berkembang pesat dengan produk-produknya mulai dari busana hingga aksesori seperti tas, dompet, dan sepatu.

Baca Juga: Ciptadana Naikkan Target IHSG Tahun 2024, Ini Rekomendasi Saham yang Bisa Dipilih

Dalam proses produksinya, Okta menggunakan teknik ecoprint yang ramah lingkungan, dengan bahan baku kain berserat alami dan pewarna alami dari tanaman, daun, atau bunga.

Selain memastikan keberlanjutan produknya, Okta juga aktif dalam memberikan pelatihan merajut secara gratis kepada kaum perempuan di lokasi usahanya, sebagai bentuk kontribusi terhadap ekonomi keluarga dan masyarakat sekitar. Pendampingan dari RB Rembang juga memberikan dorongan penting bagi kesuksesan OKVISA Craft, dengan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pemasaran produknya.

Dukungan dari RB Rembang membuka kesempatan lebih luas bagi OKVISA Craft untuk mempromosikan produknya melalui berbagai platform, termasuk marketplace dan program flash sale.

Baca Juga: Semen Indonesia (SMGR) Kian Aktif Mengadopsi EBT di Semua Area Operasinya di Tuban

Keterlibatan OKVISA Craft dalam pameran-pameran internasional adalah bukti konkret dari dukungan tersebut.

Melalui kolaborasi dengan UMKM seperti OKVISA Craft, PT Semen Indonesia Tbk berharap dapat mendorong terciptanya budaya bisnis yang berkelanjutan, di mana faktor lingkungan dan sosial menjadi perhatian utama dalam setiap langkah bisnis yang diambil, sejalan dengan misinya untuk menciptakan perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru