HOME

Sensasi dingin air Curug Jaksa bikin enteng jodoh

Selasa, 10 Januari 2017 | 05:50 WIB Sumber: Antara
Sensasi dingin air Curug Jaksa bikin enteng jodoh

CISARUA. Objek wisata nasional Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mulai mengenalkan air terjun alam yang dikenal masyarakat dengan sebutan "Curug Jaksa".

"Untuk menuju air terjun alam ini sangat mudah, yakni bisa berjalan kaki sejauh 200 meter dari arah panggung pertunjukan 'Cowboy Show'," kata Direktur TSI Cisarua Frans Manansang di Bogor, Senin (9/1).

Air terjun alam yang asri dan sejuk itu berada di area hutan "perawan", yang lokasinya hanya 200 meter dari panggung "Cowboy Show".

Selain berjalan kaki, pengunjung dan masyarakat dapat pula menggunakan kereta wisata terbuka.

Ia menjelaskan setibanya di gapura bertulisan "Air Terjun Alam", pengunjung bisa menaiki tangga dengan lebar 1,5 meter untuk tiba di air terjun tersebut.

Dikemukakannya bahwa selain air terjun, di tempat itu juga masih bisa ditemukan bunga bangkai (Amorphophallus titanum).

Frans Manansang menambahkan bahwa air terjun alam "Curug Jaksa" setinggi 45 meter itu bisa dilihat dan dinikmati oleh pengunjung hingga pukul 17.00 WIB.

Penduduk setempat memiliki cerita secara turun-temurun mengenai air terjun "Curug Jaksa" tersebut.

Masyarakat di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua -- tempat air terjun itu berada -- mempercayai bahwa konon apabila seseorang membasuh muka di air terjun tersebut, maka bisa awet muda dan mudah mendapatkan jodoh.

Di air terjun itu sampai kini masih sering kali digunakan untuk kegiatan syuting, kegiatan foto pra-nikah, maupun rekreasi keluarga untuk sekadar menikmati alam, dan melakukan swafoto, selain maupun membasuh muka.

Seorang wisatawan mancanegara asal Jerman Michelle (24) mengaku dapat menikmati keasrian air terjun itu. "Airnya sangat sejuk, dingin seperti es," katanya.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru