Sensasi melayang di ketinggian Guangzhou

Kamis, 03 Maret 2016 | 09:00 WIB   Reporter: Mesti Sinaga
Sensasi melayang di ketinggian Guangzhou


GUANGZHOU. Bagaimana rasanya berada dalam  gelembung kristal tembus pandang di ketinggian 455 meter, saat kota dan bumi terasa mengambang di bawah kaki?

Sensasinya bisa Anda buktikan sendiri dengan menjajal bubble tram di Canton Tower, Guangzhou, Guangdong China.  Wahana ini merupakan kincir ria (ferris wheel) horizontal tertinggi di dunia.

Bubble tram  ini bergerak di atas jentera yang melingkari pinggiran Canton Tower. Memiliki tinggi 600 meter, Canton Tower merupakan menara tertinggi di China, dan tertinggi ketiga di dunia.  

Canton Tower sebenarnya adalah sebuah menara televisi, yang dengan cerdasnya ‘disulap’ menjadi  wahana hiburan yang tak biasa.  Bubble tram hanya satu dari beragam wahana yang ada di tempat ini.  

Tapi sebelum menjajalnya, mari kita kenali dulu bangunan unik yang mengantongi beragam rekor dunia ini.  

Inspirasi pinggul Xio Man nan seksi

Canton Tower  yang mulai beroperasi bersamaan dengan pembukaan Asian Games XVI di Guangzhou 2010, didesain oleh arsitek asal Belanda, Mark Hemel.

Berbeda dari kebanyakan menara televisi yang berbentuk lebar di bagian bawah dan menyempit di bagian atas, Canton Tower  justru meramping di bagian tengah, seolah memiliki pinggang.

Ya, Hemel memang terinspirasi dari lekuk tubuh seorang perempuan ramping dengan gaya elegan. Maka jadilah potongan Canton Tower bak perempuan seksi yang bergerak anggun, menggerakkan pinggul dan menoleh ke belakang.

Penduduk setempat menjuluki bangunan ini sebagai “Pinggang Xiao Man”.  Xiao Man adalah seorang  perempuan penghibur yang termasyhur berkat pinggul indahnya, yang menjadikannya geisha paling top di seantero Tiongkok pada era Dinasti Tang (618-907).

Di malam hari, Canton Tower bermandikan cahaya lampu aneka warna. Tubuhnya yang jangkung dengan postur cantik, membuatnya paling menonjol di antara gedung-gedung tinggi lain yang juga bertabur lampu. Tak heran, di antara banyak bangunan cantik dan unik di Guangzhou, menara TV inilah yang menjadi icon kota Guangzhou.

Canton Tower, yang merupakan menara televisi tertinggi di Asia, masih berfungsi sebagai menara televisi.  Di bangunan ini pula Guangzhou TV berkantor. Namun, sebagian besar area bangunan ini  merupakan wahana hiburan yang mengasyikkan, dan jarang ditemui di tempat lain.

Untuk menuju ke beberapa wahana dan objek di menara ini, pengunjung akan  menaiki lift berkecepatan tinggi. Awalnya saya agak kuatir juga, namun ternyata lift bergerak stabil, nyaris tanpa getaran. Hanya kuping merasakan sedikit tekanan akibat naiknya tekanan udara seiring ketinggian  yang dicapai lift.

Sekarang, ayo menuju area bubble tram yang menjadi tujuan utama kita.

Bergulir di pinggir menara tertinggi di Asia

Arena bubble tram berada di ketinggian 455 meter.  Jika berkunjung di hari libur atau di akhir pekan, bersiap-siaplah mengantre beberapa jam. Antrean berawal dari dalam gedung, terus mengular hingga ke teras outdoor.

Jangan lupa pakailah jaket tebal, syal atau penutup kepala. Guangzhou memang  kota dingin. Saat saya berkunjung,  akhir Februari lalu, suhunya sekitar 8-10 derajat celcius. Ditambah hembusan angin, udara terasa kian menusuk.

Di arena ini terdapat 16 ‘gelembung kristal’ tembus pandang  yang masing-masing berkapasitas 4-6 orang setiap kapsulnya.  

Ke-16 kereta yang bagian bawahnya dicat oranye itu bergulir di atas rel yang dipasang di pinggiran menara dengan kemiringan 15 derajat. Kereta gelembung ini bergulir pelan di atas jentera dengan durasi sekitar 20 menit.

Dari dalam kapsul yang bergulir santai itu, terhampar pemandangan kota Guangzhou dari segala penjuru. Guangzhou  yang berlumuran  cahaya lampu tampak begitu memukau dari ketinggian.

Ya, Guangzhou memang sangat cantik di malam hari. Ini berkat “Kebijakan Topi” yang diterapkan pemerintah setempat, yang mengharuskan semua gedung dihiasi lampu di malam hari.

Maka saat matahari tenggelam, ibukota Provinsi Guangdong ini bermandikan cahaya lampu warna warni. Di pandang dari ketinggian, tampak indah dan terasa romantis….

Dari dalam gelembung kristal, tampak pula Sungai Mutiara (Pearl River) yang meliuk tenang membelah kota, berkilau diterpa cahaya lampu dan pantulan sinar bulan yang sedang purnama malam itu.

Seorang teman yang takut ketinggian, naik dengan ragu setelah dibujuk kiri kanan. Ternyata hanya butuh dua tiga menit, rasa takutnya  menguap.  Agaknya, “kegilaan” berfoto dan selfie yang sontak melanda penghuni tram, menular dan membuatnya melupakan rasa takut.

Sedikit tips bagi yang ingin mengabadikan tampang di dalam bubble berlatar kelap kelip panorama Guangzhou, sinarilah wajah dengan lampu.

Gampangnya, minta teman Anda menyalakan  lampu senter di kameranya, dan arahkan ke wajah Anda. Dengan begitu wajah dan latar pemandangan di belakangnya akan tampak jelas.

Jika memakai kamera ponsel, jangan menyalakan blitz kamera. Sebab, wajah Anda memang jadi terlihat jelas di foto, namun latar belakang pemandangan akan gelap, berganti dinding tram yang tampak putih buram.

Ingin merasakan sensasi bergulir di pinggiran menara tertinggi ketiga di dunia ini? Catat, wahana bubble tram ini buka  dari pukul 17 – 22 waktu  setempat.  Waktu Guangzhou satu jam lebih cepat dibandingkan waktu Indonesia bagian barat.

Berapa biayanya? Harga tiket bubble tram untuk satu kali putaran adalah 130 yuan (sekitar Rp 285.000) per orang. Ini belum termasuk biaya masuk ke Canton Tower sebesar  150 yuan per orang (sekitar Rp 330.000).   

Tak cukup satu hari

Selain bubble tram, ada beberapa wahana lain yang tak kalah menariknya di Canton Tower. Persis di sebelah bubble tram terdapat wahana Sky Drop.

Ini mirip dengan wahana Histeria di Dunia Fantasi (Dufan) Jakarta. Pengunjung yang ingin uji nyali, akan duduk di sebuah kursi dan tubuh dililit tali pengaman. Lalu wush… kursi disedot ke atas, lalu merosot turun….  Teriakan histeris pun menggema.

Namun tak seperti Histeria di dufan di mana gerakan naik turun dilakukan beberapa kali, di Sky Drop ini  gerakannya hanya sekali.  Ya, yang menjadi nilai jual arena ini adalah letak Sky Drop yang berada di ketinggian 455-488 meter. Sesuatu yang tak bisa dijumpai dengan mudah di tempat lain.

Ingin lebih mendebarkan dan bikin dengkul lemas, jajal saja wahana Sky Walk. Berada di ketinggian 300 meter, inilah tangga spiral tertinggi di dunia. Di arena ini terdapat trek jalan kaki dari lantai 32 ke lantai 64. Trek mendaki sepanjang  1000 meter ini tentu menuntut stamina yang prima.

Jika stamina bukan masalah bagi Anda, bagaimana dengan uji nyali? Bagi yang mengaku pemberani, datanglah ke dek observasi di ketinggian 428-433 meter. Di sini ada spot khusus yang dikelilingi kaca termasuk lantainya yang dilapisi kaca transparan.

Kata orang sih, berada di  ruang ini, tubuh serasa melayang, dan kaki tak menjejak lantai.  Dunia serasa mengambang di bawah kaki Anda, dan menghadirkan sensasi gamang, bahkan pusing dan rasa takut.

Di lantai paling atas, ada dek observasi outdoor yang memegang rekor dek observasi tertinggi dunia. Ini lokasi favorit para penggemar fotografi. Maklum, dari dek ini tersaji panorama Guangzhou 360 derajat.

Penasaran bagaimana menara televisi  setinggi 600 meter ini mengatasi ancaman badai dan gempa bumi?  Datang saja ke lantai 109-110, untuk  menggali jawabannya di area Science and Technology Marvel Tour Hall.

Masih banyak lagi, area lain di Canton Tower yang bisa Anda eksplor. Waktu berkunjung satu hari, rasanya tak cukup untuk menjajal semuanya. Lagi pula biaya menjajal semuanya juga tak murah.

Untuk memilih  wahana yang paling pas, bisa Anda telusuri sendiri di cantontower.com. Di situs ini Anda juga bisa mengecek harga tiket dan memesannya secara online. Namun, sebagian informasi di situs ini masih disajikan dalam bahasa dan tulisan Mandarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mesti Sinaga

Terbaru