Sport

Sepatu kulit kesayangan terendam banjir? Bersihkan dengan cara ini

Kamis, 27 Februari 2020 | 10:51 WIB Sumber: Kompas.com
Sepatu kulit kesayangan terendam banjir? Bersihkan dengan cara ini

ILUSTRASI. Leather shoes are displayed at the shoemaker J.M. Weston factory in Limoges, France, November 15, 2018. REUTERS/Regis Duvignau

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepatu kulit kesayangan Anda terendam banjir? Segera bersihkan dengan cara sederhana berikut ini. Bila selamat, Anda tidak perlu beli sepatu kulit baru. 

Air tidak baik untuk pakaian, sepatu atletik, tas tangan, dan topi berbahan kulit. Apalagi, jika air tersebut adalah air hujan atau sisa banjir yang diikuti lumpur dan bakteri. 

Baca Juga: Banjir surut, waktunya Anda bersihkan perabot dengan cara ini

Jika Anda memiliki koleksi sepatu kulit yang baru saja terendam air banjir, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuang lumpur jika ada yang menempel pada kulit. 

Anda sebaiknya mengeluarkan lumpur dari dalam sepatu kulit sesegera mungkin. Anda bisa menggunakan air yang mengalir untuk membantu mengeluarkan lumpur yang basah tersebut.

Anda sebaiknya tidak mengikis lumpur dengan sesuatu yang tajam atau bertekstur kasar yang dapat merusak kulit.

Lalu, Anda gunakan kain lembap yang lembut untuk menghilangkan serpihan lumpur dari area jahitan yang rumit. 

Anda isi sepatu dengan kertas tisu atau handuk kertas untuk mengembalikannya ke bentuk yang tepat. Anda juga bisa menggunakan kertas koran, namun berhati-hatilah dengan kemungkinan transfer tinta dari kertas tersebut. 

Sepatu kulit akan kering pada suhu kamar yang jauh dari pemanas atau sinar matahari. Panas yang berlebihan justru akan merusak kulit. 

Selain itu, Anda bisa menggunakan kipas angin yang untuk membantu mempercepat proses pengeringan dengan meningkatkan aliran udara. 

Setelah sepatu kering, bersihkan dengan sabun pelana, kondisi dengan kondisioner kulit, dan poles dengan semir sepatu atau krim yang baik. 

Anda sebaiknya tidak menggunakan sepatu sampai benar-benar kering, sebab bisa berubah bentuk dan bahkan retak atau robek. 

Baca Juga: Menjaga kesehatan tubuh saat kebanjiran, berikut tipsnya

Jika Anda memiliki sepatu bot berbahan suede atau kulit, periksalah apakah sepatu-sepatu tersebut masih dalan keadaan yang baik atau tidak. Umumnya sepatu berbahan tersebut tidak bisa diselamatkan setelah banjir. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kiat Bersihkan Sepatu Kulit yang Terendam Banjir"

Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Glori K. Wadrianto

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru